Bisnis & Produk

Sekarang Ada “Jembatan Transaksi”

428Views

Ini sebenarnya cerita soal toko yang baru saya buka. Kebetulan di awal tahun 2016 ini saya membuka toko aktivitas luar ruang dan petualangan yang diberi nama Tebing Adventure. #promo!

Nah, salah satu yang dirasakan sebagai “pengusaha” baru adalah soal business networking atau jaringan bisnis. Saya perlu waktu dua tiga bulan untuk menemukan jaringan bisnis sebelum membuka toko. Bagaimana bisa toko dibuka, tetapi saya tidak menemukan pemasok barang yang tepat atau langsung dari pemilik brand-nya.

Saat kepikiran dan mengenang kasak-kusuk saya mencari jaringan, tiba-tiba saya menemukan sebuah situs baru dan baru juga platform-nya hadir di Indonesia. Sekitar sebulan lalu saya sebenarnya sudah mendengar nama situs ini, namun entah mengapa baru malam ini (26/01/2016) saya menemukannya.

Adalah TP Partners, sebuah perusahaan yang sejak berdiri tahun 2012 telah melakukan koneksi bisnis dari seluruh dunia. Perusahaan ini di tahun 2015 mengembangkan start-up baru di dunia digital dengan memberikan semacam jembatan transaksi di internet.

Mengapa perusahaan yang digagas dari Korea Selatan dan juga merambah Indonesia ini dinamai Tridge? Menurut situsnya sih, kata itu diambil atau digabungkan dari dua kata “transaksi” dan “jembatan.  Istilah ini jelas menunjukkan bagaimana sebuah transaksi bisnis atau para pelaku bisnis bisa difasilitasi melalui internet.

Tridgel

Platform internet ini akan memberikan penawaran yang inovatif dan memberikan semacam karpet merah untuk menemukan koneksi bisnis, tidak hanya lokal dan nasional saja melainkan ke seluruh lapisan dunia. Tidak perlu khawatir soal bahasa, inilah posisi Tridge yang akan mewakili kita untuk melakukan koneksi bisnis secara online.

Buat yang sekarang sudah memiliki bisnis, pemanfaatan Tridge bisa mengembangkan jangkauannya. Nah, buat para pelaku-pelaku seperti buyer, seller, wholesaler, retailer, bekerja di bidang manufaktur atau distributor juga dapat menemukan jaringan yang membutuhkan.

Lalu, bagaimana cara kerja Tridge ini? Yuk, lihat atawa intip dulu bocorannya melalui infografis di bawah ini:

Tridge-1

 

Jika masih penasaran,  ini salah satu video yang menampilkan bagaimana Tridge  bekerja.

Rasanya cukup banyak, nih, kalau sekadar perkenalan awal dari si Tridge itu. Ibarat guru silat, cerita soal start-up ini harus dikupas satu demi satu biar jelas dan terang-benderang seperti matahari siang tanpa awan mendung, Tsaaah…

Kayaknya, beberapa postingan blog saya ke depan akan membahas soal start-up ini, deh… lumayan buat menambah referensi dan bisa jadi memunculkan ide-ide segar.

Kang Arul
the authorKang Arul
Dosen, jurnalis, dan penulis. Saat ini selain menjalani profesi sebagai dosen di berbagai perguruan tinggi, ia juga merupakan konsultan untuk konten digital di berbagai perusahaan, lembaga/kementerian, maupun perorangan. Profil lengkapnya sila klik http://www.kangarul.id

5 Comments

Leave a Reply

error: Konten ini terproteksi untuk dikopi