Find Us on Socials

Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

Teknologi

Samsung Galaxy Tab A 2016 Keluarga Baru Kami

994Views

Ini sekadar berbagi pengalaman saya sebagai orang tua saat menggunakan Samsung Galaxy Tab A 2016 dan bagaimana bermanfaatnya tablet modern ini untuk anak-anak…

S ungguh tidak mudah untuk menjadi keluarga di era internet saat ini. Bukan apa-apa, selain kebutuhan perangkat dan koneksi internet bagi orang tua yang bekerja seperti kami, anak-anak ternyata juga memerlukan perangkat modern sebagai “anggota keluarga” sehari-hari.

Tetapi, tidak mudah bahkan bisa dibilang susah untuk menemukan perangkat yang pas. Jika ada smartphone atau tablet yang selama ini dirilis biasanya hanya dibatasi bagi satu pengguna: kalau tidak khusus untuk orang tua atau untuk anak-anak

Bisa juga kita harus meng-install aplikasi tertentu untuk bisa mengatur akses di perangkat canggih. Aplikasi-aplikasi yang ada juga bisa membatasi cara pemakaian anak-anak termasuk konten atau aplikasi apa saja yang bisa diakses oleh mereka. Tapi… ada tapinya, lho, biasanya aplikasi itu penuh dengan iklan dan harus di-update sesering mungkin.

Nah, ketika Samsung mengeluarkan produk tablet yang bisa cocok untuk orang tua sekaligus anak, tentu ini inovasi yang patut dihargai. Malah saya bisa bilang sebagai jawaban atas kebutuhan keluarga modern.

Untuk menopang kinerja, rasanya tablet yang mengusung tagline “Tablet Modern untuk Keluarga Update” ini cocok sekali buat aktivitas saya dan istri. Saya adalah dosen  di salah satu perguruan tinggi negeri di Jakarta dan istri adalah manajer hubungan masyarakat di salah satu perusahaan travel yang ada di Jakarta juga. Profesi ini tentu menuntut saya dan istri harus mobile dan selalu terkoneksi dengan internet. O ya, saya juga berprofesi sebagai konsultan digital media, tentu kebutuhan perangkat yang mendukung sangat diutamakan.

SAMSUNG

D engan Samsung Galaxy Tab A 2016 ini sejak saya dan keluarga beruntung memilikinya pada pekan (29/05/2006)  lalu di acara Blogger Gathering bareng Samsung kinerja menjadi semakin maksimal. Layar berukuran 7 inci dan sudah ada di jaringan 4G LTE membuat browsing atau berselancar di dunia maya menjadi semakin ok.

Saya yang sering mencari bahan kuliah atau bahan untuk presentasi dengan klien menjadi terbantu dengan tablet ini. Koneksi komunikasi pun menjadi lancar karena tablet ini tidak sekadar tablet biasa, penyimpanannya bisa di-expand sampai 200 Gigabyte. Penyimpanan yang besar itu tentu sangat membantu untuk menaruh pekerjaan, tugas-tugas kuliah, atau dokumen (teks, foto, video).

Juga, istri saya merasa terbantu sekali dengan hadirnya tablet modern ini. Terutama untuk merekam moment atau kejadian penting keluarga. Kamera 5 MP yang sudah auto focus dan kemampuan merekam video 720p dengan 30 fps (frame per second) memberikan keleluasaan istri saya merekam aktivitas anak-anak.

Samsung-Galaxy-Tab-A6-13

S aya dan istri, setelah menjajal tablet ini, sama-sama bersepakat bahwa kelebihan tablet  modern ini ada pada mode anak atau Kids Mode 4.0 yang ditanam Samsung di Tablet Galaxy Tab A 2016 ini. Fitur ini memberikan perangkat menjadi ramah bagi anak-anak, baik itu ramah konten, ramah durasi waktu bermain, dan ramah dalam mengedukasi.

Istri saya bahkan sempat berkomentar bahwa tablet modern ini tidak hanya bisa mengabadikan saat-saat keluarga kami saja. Fitur-fitur yang ada di dalamnya cocok untuk memberikan kontrol sepenuhnya di tangan orang tua ketika memberikan tablet kepada anak.

Ini sejalan dengan pernyataan dari Nia Sarinastiti, Marketing & Communication Director Accenture, konsultan manajemen dan teknologi global. Menurutnya,  penting kefasihan seorang ibu dalam penguasaan teknologi digital.

”Seorang Ibu memegang peranan penting dalam penggunaan gadget sebagai salah satu teknologi digital oleh keluarga khususnya anak. Sayangnya penelitian yang kami lakukan pada tahun 2016 menemukan bahwa kefasihan digital perempuan Indonesia menempati peringkat terbawah dari 31 negara. Peringkat ini karena akses digital lebih dipergunakan untuk media sosial,” katanya seperti dikutip dari rilis yang saya peroleh dari Samsung.

Namun, masih menurut Nia Sarinastiti, perempuan Indonesia belum sepenuhnya menyadari kekuatan gadget untuk mengembangkan kemampuan dalam berbagai hal. Padahal peran yang dipangku perempuan sebagai seorang ibu memiliki tanggung jawab yang lebih besar lagi, yakni perkembangan anak. Dengan pemahaman yang masih minim ini, kehadiran institusi yang memberikan kemudahan untuk memahami serta mendorong perempuan Indonesia untuk memaksimalkan penggunaan gadget untuk pengembangan diri menjadi sangat substansial.

Kids Mode 4.0 di Samsung Galaxy Tab A 2016

Samsung-Galaxy-Tab-A6-10

Kontrol dalam genggaman bukan sekadar isu atau jualan dagang saja. Mode ini ditanam oleh Samsung Galaxy Tab A 2016 memang menyediakan kendali penuh dengan aplikasi yang sangat mudah.

Tampilan tablet ini akan seperti tampilan perangkat pintar lainnya. Tampilan muka sudah ada beberapa aplikasi yang siap pakai. Nah, halaman ini bekerja seperti biasa ketika orang tua memakainya. Artinya, tampilan mode orang tua (Parents Mode) adalah tampilan yang sama.

Jika ingin memberikan kepada anak-anak, maka orang tua tinggal mengklik tombol Kids Mode dan seketika itu juga layar muka tablet akan berubah menjadi biru dengan ikon-ikon lucu khas dan menarik di mata anak-anak. Lalu, bagaimana cara mengontrolnya? Cukup tekan ikon kecil di pojok kiri bawah layar, maka kita akan di bawa ke fitur pengaturan kontrol orang tua.

Untuk masuk ke fitur ini, kita harus memasukkan kata kunci (password) yang hanya diketahui oleh orang tua sendiri. Setelah password itu dimasukkan, kita bisa mengatur aplikasi apa saja yang bisa diakses oleh anak. Jangan khawatir untuk kembali ke halaman muka orang tua karena untuk masuk dan keluar mode anak-anak kata kunci diperlukan.  Dengan demikian tidak mudah bagi anak-anak untuk masuk ke dalam fitur yang tidak sesuai dengan usia mereka.

Samsung-Galaxy-Tab-A6-15

I ni juga yang dilakukan oleh saya, dan tentu istri, saat memberikan tablet ini kepada anak-anak. Di antara anak-anak, Ken Najmi dan Kanaya-lah yang paling  bersemangat dan tentu juga paling sering memegang tablet ini.

Apalagi di keluarga kami mengenal prinsip bahwa “kemajuan teknologi-internet dan perangkatnya sudah tidak bisa dihindari dan generasi anak-anak adalah generasi digital yang harus dekat dengan itu semua“. Alih-alih melarang anak-anak bersentuhan dengan teknologi, lebih baik bagi kami adalah memberikan pengaturan yang bijaksana dan sekaligus mengedukasi atau literasi media agar mereka

kids-mode-2

Tak perlu khawatir soal waktu bermain dan berinteraksi dengan aplikasi di tablet. Fitur di mode anak bisa diatur sesuai dengan keinginan orang tua berapa lama anak-anak bermain tablet. Kira-kira satu atau dua jam rasanya cocok dan cukup lama buat anak-anak per harinya.

Juga, ada perbedaan kebiasaan selama ini saat anak-anak memegang tablet. Sebelumnya saya atau istri harus mendampingi atau sebentar-sebentar melihat apa yang sedang dimainkan atau diakses oleh anak-anak. Nah, dengan tablet modern ini kebiasaan itu menjadi berkurang bahkan sudah mulai ditinggalkan.

Kids Mode 4.0 pada Samsung Galaxy Tab A 2016 memberikan kemudahan bagi orang tua saat jauh dari anak-anak. Fitur Activity Information yang ada di mode ini memberikan beragam informasi apa yang dilakukan atau diakses anak-anak saat memegang tablet.

Juga, di fitur ini ada semacam rapor atau laporan kebiasaan. Laporan ini bisa dilihat oleh orang tua untuk melihat kebiasaan setiap hari selama sepekan berapa lama dan aktivitas apa saja yang dilakukan oleh anak-anak.

Infografis-ikon-Fitur-Anak-Samsung

A mannya lagi, kita bisa memberikan video apa saja yang bisa ditonton oleh anak-anak. Dengan kapasitas penyimpanan yang bisa di-expand sampai 200 gigabyte rasanya cukup untuk menyimpan beragam video edukasi. Saya bahkan menyimpan serial animasi anak-anak mulai dari cara berhitung, mengenal huruf, belajar membaca, mewarnai dan sebagainya. Apabila anak-anak bosan, video ini bisa menjadi alternatif

O ya, kontrol orang tua bisa juga memberikan batasan akses pada kontak siapa yang bisa dituju. Jadi sebagai orang tua sepertinya tidak perlu khawatir tablet di tangan anak-anak akan menjadi mudah menghubungi jika tidak berada di lokasi yang sama.

Samsung-Galaxy-Tab-A6-11
Informasi aktivitas yang ada di Kids Mode 4.0 pada Samsung Galaxy Tab A 2016

T entu saja selaku orang tua kami selalu mengawasi dan memberikan yang terbaik kepada anak. Jika ada tablet yang bisa dijadikan media permainan sekaligus mengedukasi, rasanya tablet modern ini bisa jadi keluarga baru kami.

Samsung Galaxy Tab A 2016 layak direkomendasikan bagi keluarga update saat ini. Tak percaya? Coba saja. (KA)

Artikel blog ini disponsori oleh SAMSUNG

Samsung-Logo

Kang Arul
the authorKang Arul
Dosen, jurnalis, dan penulis. Saat ini selain menjalani profesi sebagai dosen di berbagai perguruan tinggi, ia juga merupakan konsultan untuk konten digital di berbagai perusahaan, lembaga/kementerian, maupun perorangan. Profil lengkapnya sila klik http://www.kangarul.id

19 Comments

Leave a Reply

error: Konten ini terproteksi untuk dikopi