Akomodasi

Nuansa Bali di Hotel Ubud Malang

1.12KViews

Ini adalah kunjungan saya yang kesekian kalinya ke Malang, Jawa Timur. Jika sebelumnya hanya untuk jalan-jalan alias vakansi, maka kali ini kunjungannya rada berat dikit alias dalam rangka mengemban amanah negara untuk mencerdaskan generasi bangsa… Merdeka!!! #abaikankalimatini 🙂

Undangan yang saya penuhi adalah mengisi seminar di salah satu PTN yang ada di Malang. Kebetulan karena bidang saya media sosial dan media siber (cybermedia), maka yang akan saya bincangkan pun tidak jauh di seputaran itu. Namun, bukan itu yang menjadi topik perkuliahan eh konten blog ini, melainkan mencari hotel atau penginapan. Bukan apa-apa… saya termasuk yang rada tradisional dalam hal ini. Alih-alih hotel yang berbintang dan bentuk bangunannya kubus dan sudah mecin (baca: mainstream) saya lebih senang penginapan yang bernuansa alami, tradisional, dan etnik juga hommy.

Nah, akhirnya saya mendapatkan Ubud Hotel & Villas Malang. Lokasinya hanya sekitar 40 menit dari Bandara Abdurahman Saleh dan dekat dengan beberapa kampus yang ada di Malang. O ya, meski lokasinya tidak di jalan raya utama dan harus masuk melalui sebuah kompleks, namun hotel ini terbilang cukup dikenal.

Hotel ini memang bernuansa Bali banget. Ornamen Bali dan gedungnya dari luar sudah mengesankan hal itu. Ditambah dengan bau dupa yang dibakar dan alunan musik tradisional atau etnik Bali seperti menambah suasanyanya. Juga,  terlihat dari kain poleng yang disebut rwabhineda (hitam dan putih) yang mengikat beberapa tiang maupun pepohonan di berbagai sudut hotel ini.

Berbeda dengan hotel yang lain, di Ubud Hotel & Villas Malang desain bangunannya mengikuti kontur tanah. Kebetulan kontur tanahnya mengarah ke bawah sehingga lobby dan juga restoran serta ruang pertemuan berada di lantai paling atas. Kamar-kamar semuanya berada di bagian bawah, setidaknya saya melihat ada tiga undakan (lantai) yang masing-masing dipenuhi dengan kamar berbagai tipe.

Saya mendapatkan kamar di lantai paling bawah. Kamar ini terbilang luas dan lokasinya tepat berada di depan kolam renang. Di sini kolam renang terbagi menjadi dua, satu yang berada di samping lobi yakni kolam renang Kintamani dan satu di depan kamar saya yang diberi nama Bedugul.

Nuansa alami juga terlihat dari beranda kamar yang saya tempati. Dan lebih alami lagi jika berjalan di seberang kolam renang ada semacam tempat bersantai, atau bekerja, yang langsung bersebelahan dengan sungai Metro. Sungainya cenderung bersih, banyak bebatuan, dan di pinggirannya ada pepohonan seperti pohon bambu.

Buat mereka yang mau menghabiskan waktu di pagi atau sore hari dengan membaca buku, coba duduk di lokasi ini. Gemericik air sungai, udara yang bersih, dan rimbunnya pepohonan menambah kenikmatan dan tentu saja mood.

Soal harga? Banyak variasi harga kamar tergantung dari fasilitas dan juga view atau pemandangan yang didapat. Secara umum, tarif yang dipublikasikan di Ubud Hotel & Villas Malang mulai dari Rp350 ribu sampai Rp1.250 ribu. Dari satu kamar dengan satu tenpat tidur ukuran besar sampai satu kamar dengan tiga tempat tidur yang cocok untuk ditempati bagi mereka yang berkeluarga dengan satu dan dua anak.

Juga, restoran yang bernama Bale Agung yang berada di lantai paling atas. Lokasinya sama menghadap ke pepohonan dan jika menengok ke bawah bisa melihat jalur sungai dengan jelas. Menu yang disajikan juga beragam dan salah satunya adalah khas Bali yakni Ayam Betutu, Sate Lilit, dan yang spesial adalah Nasi Goreng Ubud.

Jika Anda kebetulan atau sengaja mampir ke Malang, jangan lupa untuk menjadikan Ubud Hotel & Villas Malang ini sebagai salah satu pilihan dalam menginap.

Ubud Hotel & Villas
Jl. Bendungan Sigura-Gura Barat No.6
Sukun
Kota Malang, Jawa Timur 65149

Kontak: (0341) 571313

Kang Arul
the authorKang Arul
Dosen, jurnalis, dan penulis. Saat ini selain menjalani profesi sebagai dosen di berbagai perguruan tinggi, ia juga merupakan konsultan untuk konten digital di berbagai perusahaan, lembaga/kementerian, maupun perorangan. Profil lengkapnya sila klik http://www.kangarul.id

2 Comments

Leave a Reply

error: Konten ini terproteksi untuk dikopi