Jalan

Mimpi Berkeliling Indonesia

184Views

Jumat, 20 Juni 2014

Ini soal mimpi yang tidak biasa… mimpi berkeliling Indonesia yang Anda atau siapapun harus melakoninya.

“Coba datang Maret atau September. Saat itu matahari akan ada di pucuk kepala kita dengan sempurna. Matahari akan berada di titik kulminasinya yang sempurna di garis khatulistiwa.”

Saya masih mengingat ucapan seorang kawan itu sehabis menulis status di salah satu akun media sosial yang saya punya.

“Kalau ingin mengejar sunset, di sini lokasinya.”

Kata-kata itu masih saja berada di benak saya dalam dua tiga hari ini. Perjalanan panjang berjam-jam menuju pantai, bukit bahkan gunung di kota khatulistiwa ini seakan-akan menyamarkan rasa lelah dan rindu kepada keluarga. Tidak hanya di kota yang terkenal dengan jeruk dan juga kulineran plus warung kopi pinggir jalan ini, namun untuk semua daerah yang pernah saya kunjungi… dan tentu saja untuk yang akan saya kunjungi.

“Kata orang, luar negeri banyak lokasi yang indah dan menakjubkan.”

Bagi saya kalimat itu tidak ada salahnya. Tapi, kalau Anda saat ini menjadi saya dan punya kesempatan berkeliling Indonesia, maka Anda akan memikirkan ulang apakah alam dan potensi nusantara ini jauh lebih buruk dibandingkan di luar negeri itu?

Tidak… ini bukan soal nasionalisme semata, tetapi ini soal selera keindahan. Dan menurut selera keindahan saya nusantara layak menjadi nomor satu dalam list atau destinasi yang Anda wajib kunjungi. Ada ratusan bahkan ribuan keindahan yang tak puas akan kita reguk dan ada jutaan pesona yang rasanya akan memenuhi seluruh sudut kenangan kita.

Ini soal mimpi… mimpi berkeliling indonesia ..

KangArul | Dosen Galau
Blogger yang juga konsultan media dan akademisi yang telah menulis lebih dari 100 buku. Memiliki cita-cita keliling Indonesia selain untuk menikmati wisata juga untuk berbagi kebaikan maupun sedikit ilmu. Selain di blog ini, ia juga memiliki blog di www.kangarul.com

1 Comment

  • Setuju ini melulu bukan soal nasionalisme, ini tentang keindahan dan rasa syukur kalau menurutku. Juga tentang pesona yang punya daya magis, bahkan tak jarang buat menangis… bahagia. Sempurnanya cipta Tuhan Esa…

Leave a Reply

error: Content is protected !!