Minat & Hobi

Menjadi Hebat dengan Kisah Hebat

324Views

K halifah Umar bin Khattab adalah seorang yang sangat rendah hati. Beliau sangat disayang oleh rakyatnya karena merupakan seorang pemimpin yang bijaksana. Pada Suatu hari Khalifah Umar terlihat mengangkat air dalam kendi besar seorang diri. Melihat hal tersebut, seorang menegurnya.

“Wahai Khalifah Umar, mengapa Anda tidak menyuruh orang lain mengangkat air itu? Anda adalah seorang khalifah, tidak pantas mengangkat air seperti itu.”

“Jika aku menyuruh orang lain, maka akan tumbuh kesombongan dalam diriku,” jawab Khalifah Umar dengan bijaksana.

Begitulah Khalifah Umar memberikan teladan. Bagi Khalifah Umar, hanya Allah SWT yang memiliki segala kebesaran dan keagungan. Oleh karena itu, manusia tidak boleh menyombongkan dirinya.

Ini adalah potongan kisah dari sekitar 87 cerita yang ada di dalam buku berjudul Kisah Hebat Nabi Muhammad Dan Kisah Ajaib Liannya ini. Kisah-kisah di dalamnya sangat beragam, baik tokoh, tempat, dan waktunya, namun selalu ada hikmah yang bisa diambil dari semua kisahnya.

Disajikan khusus untuk anak-anak, meski secara visual buku ini terkesan tebal sekali (yakni sekitar 266 hal) namun setiap kisah diceritakan dengan sederhana, pendek dan dengan kalimat khas anak-anak. Kisah yang mengalir akan menjadi daya tarik anak-anak untuk mengisi hari dengan membaca kisah yang baru.

Buku-Kisah-Hebat

P enulis buku Cerita Binatang Dari 5 Benua (2014)  dan Dongeng Favorit si Kancil (2010) ini memang saya anggap mahir menulis buku cerita anak. Karena menulis cerita untuk dibaca anak-anak itu memerlukan kemampuan yang berbeda dan harus sesuai dengan daya tangkap dan juga bahasa anak-anak. Saya melihat ada permainan bahasa yang cukup cerdas dilakukan oleh penulisnya.

Sebenarnya kisah-kisah yang ada di dalam buku ini sudah banyak ditulis oleh penulis buku lain, namun buku ini bisa dianggap berbeda. Apalagi untuk konsumsi anak-anak, dunia anak memiliki aturan dan imajinasi bahasa sendiri yang mungkin bisa berbeda dengan orang dewasa.

Mengutip pandangan Wittgenstein (1983:23)* bahwa ada apa yang disebutnya sebagai permainan bahasa (language games). Bahasa kerap kali digunakan dalam konteks kehidupan manusia itu sendiri. Setiap konteks kehidupan itu memiliki aturan dan tata cara yang berbeda-beda. Ini yang menyebabkan bahasa menjadi lebih dinamis dan tidak dibatasi oleh konteks tertentu untuk menjelaskan konteks yang lainnya.

Makna sebuah kata ada dalam kalimat sementara makna sebuah kalimat ada dalam bahasa. Nah, makna bahasa itu ada dalam konteks kehidupan manusia. Tentu makna kata untuk anak-anak bisa berbeda dengan orang dewasa.  Karena itu bagi saya bukanlah hal mudah untuk membuat buku anak-anak dengan memproduksi ulang cerita-cerita yang sudah umum didengar (orang dewasa dan muslim) di pengajian, pesantren, sekolah, dan juga buku-buku.

Buku yang menyajikan cerita penuh hikmah ini pun disajikan dengan bahasa yang  mudah dimengerti oleh anak-anak. Juga, paduan ilustrasi di setiap cerita yang juga memberikan semacam “perangkap” bagi siapapun yang membaca buku ini; terutama di mata anak-anak.

Ilustrasi yang disajikan pun cenderung tidak monoton dan beragam gaya. Setiap kisah bahkan ditambahi visualisasi tokoh-tokohnya atau latarnya dengan goretan atau model gambar yang berbeda; dalam tangkapan mata saya menemukan setidaknya tiga model atau karakter ilustrasi di buku ini.

Nah, jika di bulan Ramadhan ini anak-anak kita ingin mengisi waktu berpuasa mereka dengan menambah pengetahuan, sepertinya saya bisa merekomendasikan buku ini sebagai salah satu pilihan. Biar… anak kita menjadi hebat dengan kisah hebat ini.

Judul Buku : Kisah Hebat Nabi Muhammad SAW Dan Kisah Ajaib Lainnya
Penulis: Astri Damayanti
Penerbit : Qibla, Bhuana Ilmu Populer
Tahun Terbit: 2016
ISBN : 978-602-394-139-1
Hal : vi + 266


* Wittgenstein, Ludwig (1983). Philosophical Investigations. Oxford: Basil Blackwell

Kang Arul
the authorKang Arul
Dosen, jurnalis, dan penulis. Saat ini selain menjalani profesi sebagai dosen di berbagai perguruan tinggi, ia juga merupakan konsultan untuk konten digital di berbagai perusahaan, lembaga/kementerian, maupun perorangan. Profil lengkapnya sila klik http://www.kangarul.id

10 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!