Akomodasi

Menginap di Cantika Swara, Kaltim

743Views

Sedikit pengalaman menginap di Cantika Swara, Berau, Kalimantan Timur.

Ketika saya mengikuti ekspedisi dalam Datsun Risers Expedition dari Balikpapan ke Kepulauan Derawan pekan lalu (11-15/01/2016) kami menginap dua malam di Tanjung Redeb. Satu malam ketika sampai dan satu malam ketika pulang dari Kepualauan Derawan.

Sebenarnya ada beberapa pilihan menginap di daerah antara bagi mereka yang akan menjelajah ke Pulau Derawan, Pulau Kakaban dan pulau-pulau eksotik lainnya. Ada hotel yang berada tepat di depan dermaga tempat boat bersandar di Jalan Pulau Derawan, namun rupanya hotel ini menjadi pilihan panitia.

Namanya Cantika Swara Resort & Convention Hotel.

Ketika mobil Datsun Go+ Panca yang kami kendarai memasuki area hotel, saya melihat desain arsitektur yang terbilang cukup menarik. Memang tidak terlalu khas Kalimantan Timur, sedikit modern-minimalis bahkan.Pilihan hotel ini cukup tepat, meski berjarak sekitar lima menit dari dermaga namun tempat parkir yang luas bisa memuat 15 mobil yang menjadi rombongan dalam kegiatan jelajah Kalimantan tersebut.

Ketika masuk, kami langsung disuguhi welcome drink oleh staff hotel wanita yang memakai melati di telinga kanan mereka. Dari area masuk, saya langsung berada di semacam ruangan yang terdiri dari tiga pintu. Pintu sebelah kanan adalah ruang pertemuan, pintu sebelah kiri adalah ruang makan (resto), dan pintu di tengah atau di depan adalah lobi hotel.

Di ruang bundar itu, ada dua patung pasangan yang menggambarkan orang dari suku Dayak. Kesan kedaerahan juga ditunjukkan oleh berbagai ornamen bahkan juga hiasan dinding yang mengambil motif atau berdesain lokal. Suara instrumen suku Dayak juga terdengar sayup-sayup dari pengeras suara.

Fasilitas hotel lumayan lengkap layaknya hotel-hotel berbintang. Selain kamar yang disusun secara apik, tangga yang menghubungkan kamar dari kayu dan tanpa lift, kolam renang, dan juga ada taman yang bisa duduk bersantai. Saya menyarankan untuk mengambil kamar di lantai 1 karena di belakang langsung terkoneksi dengan taman dan kolam renang. Pintu kaca bisa di buka dan kita bisa menikmati pagi, sore, bahkan sampai malam di sana.

Soal harga kamar? Rasanya hotel yang sudah diulas dan banyak direkomendasikan situs perjalanan seperti Traveloka, Tripadvisor, Pegipegi, atau Agoda ini cukup layak, kok. Tidak terlalu mahal dan menguras kantong.

Dengan 98 kamar, Hotel Cantika Swara ini menawarkan kamar mulai dari Deluxe, Executive, dan Suite. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp700 ribu rupiah.

Buat mereka yang sekadar ingin melepas lelah, hotel ini cukup bisa jadi pilihan. Karena agak jauh dari pusat kota sehingga kebisingan dan godaan untuk jalan ke luar hotel juga bisa ditahan.

Untuk makanan di restoran, ketika saat itu saya menginap dua malam, menu yang disajikan bisa dibilang sudah terlalu biasa. Layaknya hotel-hotel di manapun saya menginap, menu di Cantika Swara ini bisa dibilang cocok untuk lidah dan selera siapa saja. Meskipun dengan harga yang dibayarkan sebenarnya bisa disajikan menu makan yang lebih berbeda.

Buat yang ingin mencoba masakan atau olahan laut, di resto yang diberi nama Gulang-Gulang Restaurant ini ada sajian istimewa. Sajian itu berupa kepiting (crab) yang pengolahannya bisa berbagai macam. Sajian ini khusus dibuat hanya melalui pesanan dengan harga sekitar Rp250 ribu. Harga untuk satu paket makanan lengkap.

Nah, buat yang ingin berlibur dan berencana menyeberang ke Kepulauan Derawan, hotel ini boleh jadi salah satu alternatif ketika berada di Tanjung Redeb, Kalimantan Timur. Juga, jarak hotel ke bandara Kalimarau hanya sekitar 5.67 km saja.

Hanya saja yang menjadi catatan, dua kali menginap di waktu berbeda di hotel tersebut, fasilitas wifi hotel agak mengecewakan. Buat yang tugasnya tidak jauh dari laptop dan jaringan internet sangat disarankan untuk membawa modem atau bisa mengandalkan koneksi dari gawai sendiri.

Informasi lebih lanjut, catat alamatnya…

JL. PULAU PANJANG NO. 99 TANJUNG REDEB-BERAU, KALIMANTAN TIMUR INDONESIA
RESERVATIONS: 0554.2028149/55 (HUNTING)

Untuk reservasi sila klik http://www.cantikaswara.com/reservation.php

Kang Arul
the authorKang Arul
Dosen, jurnalis, dan penulis. Saat ini selain menjalani profesi sebagai dosen di berbagai perguruan tinggi, ia juga merupakan konsultan untuk konten digital di berbagai perusahaan, lembaga/kementerian, maupun perorangan. Profil lengkapnya sila klik http://www.kangarul.id

9 Comments

Leave a Reply

error: Konten ini terproteksi untuk dikopi