Bisnis & ProdukJalan

Liburan Akhir Tahun Bareng XL

18Views

Diajak jalan ke Batam lalu menyeberang ke Singapura siapa yang nolak? Apalagi ini sudah bulan terakhir 2019 tentu dan saya belum tahu mau liburan akhir tahun kemana. di tengah kesibukan tiba-tiba saja XL Jabodetabek ngajak ngabisin tiga hari leha-leha…

Trip tujuan liburan akhir tahun kali ini ke Singapore. Rencananya mau one day trip ke Kota Singa itu.

Hari pertama rombongan landing dulu melalui Batam. Menghabiskan waktu di pinggir pantai, foto-foto narsis di icon Kota Batam apalagi kalau bukan Balerang Bridge dan tulisan Welcome to Batam. Habis itu sampai sore belanja-belanji di Nagoya pusat perbelanjaan paling terkenal di Batam. 

Hari pertama ditutup dengan makan malam bersama di seputaran Harbor Bay. Dan di hari pertama liburan akhir tahun ini saya baru landing di Batam pukul 20.05 malam. Undangan ngamen di Pariaman Sumatera Barat pada pagi harinya mengharuskan saya baru  bisa bergabung dengan teman-teman blogger dan media di hotel.

 

 

Hari kedua dihabiskan dengan tetap mengunjungi icon kota yakni Patung Merlion dan membeli oleh-oleh di Bugis Street.

Kebetulan saya yang kerjanya mobile or remote kemana-mana ini perlu juga dong dukungan provider telepon genggam. Nah, sejak tahun 2004 saya sudah memakai provide XL… setia loh. Dan sampai saat ini jairngan XL ngebantu banget buat menyelesaikan segala macam tugas-tugas akademik sekaligus memperlancar upaya narsis saya di media sosial. 

Kabaranya, hingga akhir September 2019, total jumlah pelanggan di regional Jabodetabek dan Kalimantan mencapai 15 juta, meningkat dari 13 juta di periode yang sama tahun sebelumnya. Area Jabodetabek mencatatkan jumlah pelanggan tertinggi, yaitu sebanyak lebih dari 90%. Peningkatan juga terjadi pada trafik penggunaan layanan data, yang meningkat sekitar 30% YoY. Khusus layanan data 4G meningkat sekitar 41%. Sementara itu, laju peningkatan trafik tertinggi terjadi di area Kalimantan Timur yang mencapai lebih dari 60% di periode setahun terakhir.

Wah, bakalan kebayang liburan akhir tahun gak terganggu jaringan buat mereka yang mau cekrak-cekrek foto-foto liburan di media sosial,

Liburan akhir tahun bareng jaringan XL

Bayangin aja, hingga triwulan ketiga 2019, jumlah BTS di wilayah Jabodetabek dan Kalimantan telah meningkat tajam menjadi total lebih dari 36 ribu unit dengan lebih dari 14 ribu unit di antaranya adalah BTS 3G dan 12 ribu BTS 4G. Layanan 4G dari XL Axiata kini hadir di 46 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Jabodetabek, Kalbar, Kaltim dan Kaltara. Selain itu, fiberisasi telah dilaksanakan di jaringan XL Axiata yang ada di hampir semua kota/kabupaten yang ada di wilayah regional Jabodetabek dan Kalimantan.

 Buat yang di luar area Jabodetabek, jangan khawatir ya.

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) bertekad untuk terus meningkatkan kualitas layanan di wilayah Jabodetabek, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara (Jabobetabek dan Kalimantan). Pesatnya peningkatan trafik data dan juga berkembangnya pasar di area luar Jawa telah mendorong XL Axiata untuk menyiapkan berbagai rencana strategis yang akan guna memenuhi segala ekspektasi pelanggan. Termasuk di dalam rencana tersebut adalah berlanjutnya perluasan jaringan data 4G, fiberisasi, juga peluncuran produk yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

Region Group Head XL Axiata Regional Jabodetabek dan Kalimantan, Francky Rinaldo Pakpahan mengatakan, “Di tingkat regional, kami berhadapan langsung dengan kompetisi yang sangat ketat dalam meyakinkan masyarakat pengguna layanan data. Kami harus mampu memenuhi ekspektasi masyarakat dan pelanggan agar mereka percaya dan setia dengan produk XL Axiata. Meskipun begitu, kompetisi yang ketat bukanlah penghalang bagi XL Axiata. Kompetisi justru mendorong kami untuk terus menjaga performa sehingga bisa memenuhi semua ekspektasi pelanggan. Demi mampu terus berkompetisi, maka XL Axiata memastikan untuk melakukan apapun agar pelanggan nyaman dan meraih manfaat maksimal atas layanan yang mereka pakai.”

Francky menambahkan, pola dan trend penggunaan layanan data rata-rata memang terus meningkat di semua area dan bahkan secara nasional. Namun di setiap area memiliki karakteristik pengguna yang khas. Seperti di regional yang dipimpinnya yang antara lain meliputi Jabodetabek dengan karakter pengguna yang sangat mobile dan lebih membutuhkan kualitas jaringan yang prima, lalu kota-kota pinggiran Ibukota yang juga lumayan tinggi trafiknya, hingga sebagian Kalimantan yang saat ini XL Axiata sedang gencar melakukan perluasan jaringan data dan sekaligus terus memperkuat ekosistem.

“Untuk itulah, aspek kualitas jaringan yang prima menjadi salah satu yang menjadi prioritas untuk terus dijaga dari waktu ke waktu. Jaringan harus selalu ditingkatkan kualitasnya sesuai dengan kebutuhan pelanggan dalam mengakses beragam layanan data. Kualitas jaringan juga tak bisa dilepas dari kepadatan trafik pengguna di suatu area. Area yang sudah penuh harus dilayani dengan jaringan yang memadai agar pelanggan tetap nyaman mengakses layanan data,” lanjut Francky.

Kang Arul
the authorKang Arul
Dosen, jurnalis, dan penulis. Saat ini selain menjalani profesi sebagai dosen di berbagai perguruan tinggi, ia juga merupakan konsultan untuk konten digital di berbagai perusahaan, lembaga/kementerian, maupun perorangan. Profil lengkapnya sila klik http://www.kangarul.id

Leave a Reply

error: Content is protected !!