Tips

Hari ke-60 Menjadi Penulis Novel dalam 60 Hari

174Views

Kamu kan sedang menunggu masa pengendapan itu berakhir, berikut ini adalah beberapa hal yang kudu dan wajib kamu lakukan apabila masa pengendapan itu berakhir:

  1. Membaca kembali naskah novel kamu. Temukan hal-hal yang menurut kamu janggal sehingga perlu ditulis ulang kembali atau sesuatu di bagian cerita kamu yang perlu mendapatkan porsi penceritaan jauh lebih baik atau perlu dihilangkan sama sekali.
  2. Melakukan proses editing, baik cerita maupun penggunaan kata. Memeriksa titik, koma, tanda seru, atau simbol-simbol yang kamu gunakan.
  3. Memastikan bahwa novel kamu memiliki permulaan di mana bagian tersebut mulai mengenalkan tokoh dan gagasan cerita, suatu pertengahan di mana terdapat konflik cerita, dan bagian akhir di mana konflik itu diselesaikan.
  4. Sekali lagi ajak saudara, teman, sahabat, dan bahkan kalau perlu guru kamu di sekolah untuk membaca novel kamu. Pintalah saran dan kritik mereka. Dengarkan dan pertimbangkan untuk memperbaiki novel kamu berdasarkan kritik dan saran mereka.
  5. Jangan terlalu puas dengan hasil yang kamu dapat. Banyak penulis novel yang melakukan revisi demi revisi. Semua itu dilakukan mereka untuk menghasilkan sebuah karya yang terbaik. Memang tidak ada karya yang sempurna, tapi apa salahnya kalau kamu mencoba untuk menjauhi batas ketidak sempurnaan.
  6. Jika point-point di atas sudah benar-benar kamu lakukan, maka cetaklah kembalilah novel dengan rapi -biasanya menggunakan margin kanan 4 cm, kiri 3 cm, atas 4 cm, bawah 3 cm dan menggunakan spasi 2 atau 1,5- berilah sebuah pengantar dan sinopsis atau ringkasan cerita, kemudian lampirkan biodata singkat yang menjelaskan tentang siapa kamu serta prestasi yang telah kamu capai. Setelah semua itu selesai, kirimlah ke penerbit!

Dan sambil menunggu proses pengendapan novel kamu selesai, maka mulailah untuk menggarap novel yang kedua! Mulailah dari hari pertama.

Ternyata menulis novel itu mudah bukan?

Kang Arul
the authorKang Arul
Dosen, jurnalis, dan penulis. Saat ini selain menjalani profesi sebagai dosen di berbagai perguruan tinggi, ia juga merupakan konsultan untuk konten digital di berbagai perusahaan, lembaga/kementerian, maupun perorangan. Profil lengkapnya sila klik http://www.kangarul.id

Leave a Reply

error: Konten ini terproteksi untuk dikopi