Find Us on Socials

Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

Tips

Hari ke-6 Menjadi Penulis Novel dalam 60 Hari

258Views

m-jadi_penulis_top_bgtKamu sudah punya satu ide yang akan kamu jadikan bahan novel pertama kamu. Untuk mempermudah penggarapan ide tersebut, kelompokkan ide cerita kamu itu ke dalam jenis novel apa yang akan Kamu hasilkan? Apakah misteri, fiksi ilmiah, romantis, spionase, petualangan, atau dongeng anak-anak ?

Setelah di kelompokkan hal kedua yang kamu lakukan adalah mengumpulkan semua jenis bacaan, baiknya novel, yang berkaitan dengan jenis novel yang akan kamu tulis. Bacalah beberapa di antaranya. Tidak perlu sampai habis, tapi bacalah beberapa bab saja, terutama di bagian awal, bagian pertengahan dan bagian akhir.

Dengan mengelompokkan jenis ide dan membaca bahan referensi yang sesuai dengan calon novel kamu itu, kamu akan mengetahui bagaimana sesungguhnya para penulis novel menuangkan ide cerita mereka. Kamu akan mengetahui perbedaan antara menulis novel untuk dibaca oleh anak-anak dengan pembaca dari kalangan remaja atu dewasa. Kamu akan mengetahui pilihan kata, jumlah kalimat dalam setiap paragraf, percakapan atau dialog, konflik, dan setidaknya sampai gaya bahasa yang dipergunakan jenis novel tersebut.

Kalau jenis novel kamu itu tergolong fiksi ilmiah (science fiction), maka penggunaan teknologi, rumus-rumus, penemuan atau alat-alat canggih tentu akan mendominasi cerita. Sementara kalau kamu menulis novel anak, kamu akan menemukan bahwa novel anak menggunakan bahasa yang sederhana dan sedikit –bahkan tidak ada sama sekali- menggunakan bahasa gaul atau slank yang dipakai untuk menulis novel remaja. Begitu juga dengan novel spionase, novel ini menuntut ketegangan demi ketegangan, intrik, sampai pada pengungkapan misteri.

Kang Arul
the authorKang Arul
Dosen, jurnalis, dan penulis. Saat ini selain menjalani profesi sebagai dosen di berbagai perguruan tinggi, ia juga merupakan konsultan untuk konten digital di berbagai perusahaan, lembaga/kementerian, maupun perorangan. Profil lengkapnya sila klik http://www.kangarul.id

1 Comment

Leave a Reply

error: Konten ini terproteksi untuk dikopi