Tips

Hari ke-59 Menjadi Penulis Novel dalam 60 Hari

200Views

Hari ini kamu tidak mengerjakan apa pun yang berkaitan dengan pengerjaan novel. Ya, kamu masih dalam masa melakukan pengendapan. Banyak hal yang bisa kamu lakukan, jalan-jalan atau membaca buku. Tapi, pernah kamu berpikir untuk bergabung dengan kelompok atau komunitas kepenulisan?

Saat ini banyak kelompok dan komunitas yang kegiatannya tidak terlepas dari hal-hal berkaitan dengan kepenulisan. Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan. Dengan bergabung di kelompok atau komunitas kepenulisan kamu bisa menukar pikiran, berdiskusi, atau mendapat wawasan dari para penulis lain. Kamu juga bisa mendengarkan pengalaman para penulis ketika mengerjakan dan menghasilkan novel. Dan kamu juga bisa mendapatkan informasi acara, workshop, seminar, pelatihan, dan kegiatan-kegiatan lain yang berkaitann dengan kepenulisan.

Juga, dan ini penting banget, dengan ikut tergabung dalam komunitas kepenulisan kamu bisa tahu rahasia menembus penerbit. Ya, kamu bisa belajar dari para penulis senior yang sudah menerbitkan buku. Bisa bertanya seluk-beluk dunia penerbitan dan informasi ini sangat membantu kamu apabila naskah novel pertama kamu itu ingin kamu terbitkan.

Pokoknya banyak banget, deh, manfaatnya kalau kamu gabung dengan kelompok atau komunitas yang isinya para penulis.

So, gaul dong dengan sesama penulis!

Kang Arul
the authorKang Arul
Dosen, jurnalis, dan penulis. Saat ini selain menjalani profesi sebagai dosen di berbagai perguruan tinggi, ia juga merupakan konsultan untuk konten digital di berbagai perusahaan, lembaga/kementerian, maupun perorangan. Profil lengkapnya sila klik http://www.kangarul.id

Leave a Reply

error: Content is protected !!