Tips

Hari ke-57 Menjadi Penulis Novel dalam 60 Hari

122Views

Nggak tersa bukan kamu sudah memasuki minggu ke-9. Dan kamu sudah menyelesaikan novel pertama kamu. Atau kamu sudah dalam tahap-tahap akhir menyelesaikan cerita? Wah, luar biasa bukan.

Jika sudah selesai, kamu mesti membaca cerita novel yang telah kamu buat sekali lagi. Dengan membaca ulang kamu bisa memastikan bahwa tidak ada bagian-bagian tertinggal dari cerita novel tersebut.

Tentu kamu akan menemukan kekurangan- mungkin dialognya, penggunaan kalimat atau kata, penggarapan setting tempat, atau data-data lainnya- tetapi untuk saat ini yang perlu kamu perhatikan ketika membaca ulang itu adalah cerita yang kamu buat itu sudah utuh. Baik itu permulaan, pertengahan, dan akhir cerita.

Kalau kamu sudah membaca ulang, cetaklah novel kamu di kertas dan berikan tanda-tanda atau kode tertentu yang menunjukkan kekurangan tersebut. Hal ini akan membantu kamu lebih mudah menemukan bagian mana yang mesti kamu perbaiki bila sedang melakukan proses pengeditan.

Kang Arul
the authorKang Arul
Dosen, jurnalis, dan penulis. Saat ini selain menjalani profesi sebagai dosen di berbagai perguruan tinggi, ia juga merupakan konsultan untuk konten digital di berbagai perusahaan, lembaga/kementerian, maupun perorangan. Profil lengkapnya sila klik http://www.kangarul.id

Leave a Reply

error: Content is protected !!