Tips

Hari ke-56 Menjadi Penulis Novel dalam 60 Hari

212Views

Sekarang kamus sudah menyelesaikan cerita novel kamu. Nah, sudah saatnya kamu beralih kepada judul, baik judul besar novel kamu maupun judul-judul kecil yang memisahkan bagian-bagian cerita dalam novel kamu.

Judul memiliki peran yang penting bagi cerita kamu. Selain nama pengarang dan cover (sampul buku) seandainya novel kamu diterbitkan, maka judul yang menarik, unik, dan anehlah yang menyebabkan banyak orang memutuskan membaca sebuah karya. Begitu juga dengan para editor yang bekerja di penerbitan buku. Karena judul bagi editor adalah nilai jual cerita novel kamu di pasaran.

Bagi kamu yang memutuskan untuk membuat judul setiap bab atau setiap episode cerita kamu, maka buatlah judul itu semenarik mungkin. Setidaknya ketika kamu memilih kata atau rangkaian kata, ada keyakinan bahwa judul itu adalah pilihan yang terbaik.

Selain itu, judul juga menggambarkan isi dari keseluruhan cerita novel. Kadang hanya membaca judul saja seseorang bisa mengetahui jenis atau genre apa novel tersebut. Kalau seandainya ada dua judul novel, ‘Aku’ dan ‘Titip Rindu Buat Ibu’, maka judul yang kedua ini jauh lebih menarik dibandingkan judul pertama.

Helvi Tiana Rosa dalam bukunya Segenggam Gumam (Syaamil, 2004) memberikan penekanan terhadap pemilihan judul. “Judul yang baik dan menarik haruslah yang membuat pembaca tertarik dan ingin tahu. Tetapi di sisi lain, judul juga harus mampu menggambarkan cerita secara keseluruhan”.

Lalu, bagaimana dengan judul novel kamu?

Buatlah judul semenarik, unik, dan seaneh mungkin

Kang Arul
the authorKang Arul
Dosen, jurnalis, dan penulis. Saat ini selain menjalani profesi sebagai dosen di berbagai perguruan tinggi, ia juga merupakan konsultan untuk konten digital di berbagai perusahaan, lembaga/kementerian, maupun perorangan. Profil lengkapnya sila klik http://www.kangarul.id

Leave a Reply

error: Content is protected !!