Tips

Hari ke-55 Menjadi Penulis Novel dalam 60 Hari

199Views

Pastikan novel yang telah kamu tulis memiliki penyelesaian cerita yang baik. Baik bukan berarti paling bagus dan sempurna. Setidaknya yang dimaksud baik di sini adalah kamu telah menyelesaikan novel kamu secara utuh. Bahwa bab atau paragraf terakhir yang telah kamu tulis itu memang benar untuk menutup cerita novel dan tidak membuat pembaca bertanya-tanya tentang novel tersebut. Pasalnya, penutup cerita ibarat kesimpulan dari semua pergulatan karakter, tokoh, dan ide cerita novel kamu. Selain itu, kata ‘penutup’ juga berarti adalah akhir dari cerita yang kamu buat.

Dan tanyakan, apakah kamu tidak terlalu terburu-buru menutup cerita novel ini? Apakah ketika kamu membacanya kamu mendapatkan bahwa penutup cerita novel kamu memang berkaitan erat dengan bab-bab sebelumnya? Apakah tidak ada konflik yang tertinggal untuk diselesaikan dalam penutup novel kamu?

Kamu mungkin memerlukan bantuan orang lain untuk mengetahui pendapat mereka tentang akhir cerita yang kamu buat. So, jangan tunda lagi, lakukanlah! Pintalah pendapat mereka tentang akhir cerita kamu. Toh, sejak awal kamu sudah melibatkan orang lain sebagai pembaca draft novel kamu bukan?

Akhiri novel kamu dengan baik. Baca bagaimana penulis-penulis novel favorit kamu mengakhiri cerita mereka!

Kang Arul
the authorKang Arul
Dosen, jurnalis, dan penulis. Saat ini selain menjalani profesi sebagai dosen di berbagai perguruan tinggi, ia juga merupakan konsultan untuk konten digital di berbagai perusahaan, lembaga/kementerian, maupun perorangan. Profil lengkapnya sila klik http://www.kangarul.id

Leave a Reply

error: Content is protected !!