Tips

Hari ke-53 Menjadi Penulis Novel dalam 60 Hari

193Views

Oke, sekarang saatnya kamu menyelesaikan akhir cerita novel kamu itu. Bagian akhir tidak kalah pentingnya untuk sebuah novel. Karena, seperti yang telah kamu ketahui ketika membahas soal konflik, bagian akhir sebuah novel merupakan bagian konflik itu diselesaikan atau anti klimaks.

Seringkali penulis novel menggunakan rumus dalam cerita derektif, yaitu ‘untuk mengetahui siapa pembunuh dan motif si pelaku, maka bacalah di bagian akhir cerita tersebut’. Rumus ini bisa kamu pakai untuk menjawab semua pertanyaan dan rasa penasaran pembaca yang telah kamu sajikan di permulaan dan pertengahan cerita novel kamu. Beri kepuasan pembaca untuk mengetahui sesuatu yang menjadi alasan mereka membaca novel kamu sejak halaman pertama.

Kamu bisa memunculkan beberapa draft alternatif yang bisa kamu pilih sebagai cerita untuk mengakhiri novel kamu. Beberapa draft ini sangat membantu kamu untuk melengkapi bagian-bagian novel yang telah kamu susun sebelumnya. Pastikan pilihan kamu adalah pilihan terbaik untuk menyelesaikan novel kamu.

rumus dalam cerita derektif, yaitu ‘untuk mengetahui siapa pembunuh dan motif si pelaku, maka bacalah di bagian akhir cerita tersebut’

Kang Arul
the authorKang Arul
Dosen, jurnalis, dan penulis. Saat ini selain menjalani profesi sebagai dosen di berbagai perguruan tinggi, ia juga merupakan konsultan untuk konten digital di berbagai perusahaan, lembaga/kementerian, maupun perorangan. Profil lengkapnya sila klik http://www.kangarul.id

2 Comments

Leave a Reply

error: Konten ini terproteksi untuk dikopi