Tips

Hari ke-52 Menjadi Penulis Novel dalam 60 Hari

209Views

Kamu udah bosen, jenuh, dan merasa semakin hari kemampuanmu menulis semakin menurun? Jangan heran, ini penyakit yang nggak hanya mendera para penulis pemula, mereka yang sudah menulis puluhan novel pun kadang merasakan hal yang sama juga. Yang membedakan adalah mereka bisa mengatasi penyakit itu dan menyelesaikannya tulisan mereka.

Eh, kamu tahu nggak, biasanya penyakit yang paling sering muncul itu adalah penyakit jumlah halaman. Ya kamu begitu bete banget gara-gara sudah berminggu-minggu nulis jumlah halaman yang kamu dapatkan hanya puluhan lembar saja. Dan kamu selalu bertanya, ‘kapan selesainya?’.

Tenang jangan panik dan buru-buru meninggalkan proyek pertamamu ini. Coba buka komputermu dan hitung kembali berapa halaman yang telah kamu hasilkan hingga hari ini. Mungkin memang sudah saatnya mengakhiri cerita novel kamu. Pasalnya, sejumlah penerbit menerapkan kebijakan yang beragam untuk menerbitkan naskah, dan salah satunya berkaitan dengan jumlah halaman tertentu. Kalau kamu sudah mendapatkan jumlah 80 sampai 100 halaman dengan 1,5 spasi, maka kamu sudah bisa mengakhiri novel kamu. Jumlah seperti itu sudah cukup, kok, untuk diajukan kepada penerbit.

Tapi, walau bagaimanapun kamu mesti ingat bahwa sejak awal kamu punya komitmen untuk menyelesaikan proyek pertama menulis novel kamu itu. Jadi kalau penyakit halaman ini muncul, kamu mesti cukup tangguh untuk mengatasinya. Mungkin kamu hanya dapat satu halaman atau bahkan satu paragraf saja, tapi itu sudah lebih baik daripada tidakmenulis apa-apa.

Kang Arul
the authorKang Arul
Dosen, jurnalis, dan penulis. Saat ini selain menjalani profesi sebagai dosen di berbagai perguruan tinggi, ia juga merupakan konsultan untuk konten digital di berbagai perusahaan, lembaga/kementerian, maupun perorangan. Profil lengkapnya sila klik http://www.kangarul.id

Leave a Reply

error: Konten ini terproteksi untuk dikopi