Tips

Hari ke-51 Menjadi Penulis Novel dalam 60 Hari

179Views

Duh, kamu masih bingung bagaimana membangun dan menuliskan konflik dengan baik? Konflik yang kamu tulis kesannya biasa saja? Atau, kamu merasa konflik kamu itu sudah bagus banget, tapi bingung menuliskannya? Nggak apa-apa, namanya juga penulis pemula. Jadi wajar dong kalau kamu belum piawai mengolah kata-kata menjadi kalimat yang menggambarkan konfil cerita kamu itu, wajar dong kalau kamu bingung, dan wajar juga dong kalau kamu merasa be te hasil tulisan kamu itu tidak sesuai dengan yang kamu bayangkan. Uih, sebel banget kan?

Pokoknya kamu jangan menyerah dan jangan putus asa dulu. Perjuangan belum berakhir … he he he, kayak slogan tayangan tivi aja. Toh, sejak awal kamu sudah menyiapkan novel-novel yang menjadi referensi kamu dalam menulis bukan? Baca kembali referensi novel tersebut dan lihatlah bagaimana mereka membangun konflik dan menyelesaikannya dengan baik. Perhatikan seteliti mungkin setiap kata, kalimat, dan paragraf yang digunakan. Lihat bagaimana penulis novel yang kamu kagumi itu memperlakukan emosi setiap tokoh cerita mereka.

Kang Arul
the authorKang Arul
Dosen, jurnalis, dan penulis. Saat ini selain menjalani profesi sebagai dosen di berbagai perguruan tinggi, ia juga merupakan konsultan untuk konten digital di berbagai perusahaan, lembaga/kementerian, maupun perorangan. Profil lengkapnya sila klik http://www.kangarul.id

Leave a Reply

error: Konten ini terproteksi untuk dikopi