Tips

Hari ke-43 Menjadi Penulis Novel dalam 60 Hari

216Views

Jagalah karakter tokoh ceritamu. Jangan melupakan dan menukarkan identitas di antara tokoh-tokoh cerita yang sejak awal ada dalam novelmu. Misalnya, di awal cerita kamu menulis tentang tokoh A yang vegetarian, akan tetapi pada bagian tertentu kamu malah mengangkat tokoh A yang sedang memakan daging. Ini merupakan kesalahan yang fatal bagi seorang penulis novel, yaitu tidak bisa menjaga tokoh ataupun atribut lain dalam ceritanya!

Biasanya untuk penulis pemula dan karena jumlah halaman yang telah banyak dihasilkan menyebabkan munculnya kesalahan-kesalahan kecil, salah satunya berkaitan tentang tokoh cerita. Inilah gunanya kartu indeks di mana kamu menuliskan setiap karakter dan informasi yang berkaitan dengan tokoh ceritamu. Pergunakan informasi yang telah kamu catat itu untuk menjaga ceritamu.

Kang Arul
the authorKang Arul
Dosen, jurnalis, dan penulis. Saat ini selain menjalani profesi sebagai dosen di berbagai perguruan tinggi, ia juga merupakan konsultan untuk konten digital di berbagai perusahaan, lembaga/kementerian, maupun perorangan. Profil lengkapnya sila klik http://www.kangarul.id

Leave a Reply

error: Konten ini terproteksi untuk dikopi