Tips

Hari ke-34 Menjadi Penulis Novel dalam 60 Hari

194Views

m-jadi_penulis_top_bgtKetegangan adalah suatu ramuan dasar dalam membuat novel. Oleh karena itu, buatlah pembaca untuk selalu bertanya, “Apa akan yang akan terjadi berikutnya?”. Dengan demikian pembaca akan berusaha menemukan jawaban demi jawaban di dalam novel Kamu.

Ketegangan dibangun melalui konflik, perseteruan, beda pendapat, sampai pada pertarungan antara tokoh-tokoh dalam cerita novelmu. Setiap karya novel biasanya selalu ada tokoh yang mewakili kebaikan (protagonis) dan tokoh yang selalu berseberangan (antagonis) dengan tokoh protagonis, tokoh ini tidak mesti selalu jahat.

Berbeda dengan karya fiksi lain berupa cerita pendek, yang hanya menyajikan satu konflik sederhana. Di dalam sebuah novel terdapat banyak konflik-konflik kecil di luar konflik utama. Jenis novel sebagai karya yang berhalaman banyak menyebabkan kamu bebas menciptakan dan memasukkan berbagai macam konflik. Tidak hanya konflik yang melibatkan tokoh-tokoh utama saja, melainkan juga pada semua tokoh ceritamu. Konflik-konflik kecil inilah yang pada akhirnya melairkan ketegangan dalam novelmu.

Misalnya gagasan cerita tentang seorang mahasiswa yang mengetahui bahwa ternyata kedua orang tuanya selama ini bukanlah orang tua kandung. Ada beberapa konflik kecil yang bisa kita munculkan, seperti apakah orang tua kandungnya yang asli itu masih hidup atau tidak? Apakah mereka orang kaya atau orang miskin? Ketika mahasiswa itu masih kecil, apakah mereka sengaja membuangnya atau dititipkan ke panti asuhan? Hubungan mereka dengan orang tua mahasiswa tersebut selama ini?

Wah, banyak hal yang bisa dimunculkan dalam novelmu untuk membuat ketegangan demi ketegangan.

Kang Arul
the authorKang Arul
Dosen, jurnalis, dan penulis. Saat ini selain menjalani profesi sebagai dosen di berbagai perguruan tinggi, ia juga merupakan konsultan untuk konten digital di berbagai perusahaan, lembaga/kementerian, maupun perorangan. Profil lengkapnya sila klik http://www.kangarul.id

Leave a Reply

error: Konten ini terproteksi untuk dikopi