Tips

Hari ke-32 Menjadi Penulis Novel dalam 60 Hari

193Views

m-jadi_penulis_top_bgt

Jangan beralih dari sudut pandang (point of view) yang sudah ada sejak awal perencanaan menulis novelmu. Melalui ini pembaca mendapatkan suatu pijakan terhadap karakter tokoh utama maupun tokoh-tokoh lainnya dalam ceritamu. Apakah kamu menggunakan sudut pandang orang pertama, orang kedua, atau orang ketiga?

Mumpung kamu baru sampai pada bab-bab awal ceritamu sehingga kamu bisa memutuskan mana sudut pandang terbaik yang bisa kamu gunakan sesuai dengan kemampuanmu sebagai seorang penulis novel pemula. Kalau kamu merasa lebih mudah menggunakan sudut pandang orang pertama, maka segera perbaiki dan rubah sudut pandang orang ketiga yang terlanjur kamu tulis.

Memang melakukan perubahan tersebut memerlukan waktu dan energi lagi, tapi kalau itu malah membuatmu mudah dalam menulis why not?

Sementara penulis novel lainnya, Zaenal Radar T mengaku kalau sedang menemui kebutuan dalam menulis ia akan jalan-jalan atau menonton sinetron. Ini dilakukan guna menyegarkan pikiran yang mungkin saat itu pikirannya sudah jenuh dalam menulis dan mesti diistirahatkan barang sejenak.

Kang Arul
the authorKang Arul
Dosen, jurnalis, dan penulis. Saat ini selain menjalani profesi sebagai dosen di berbagai perguruan tinggi, ia juga merupakan konsultan untuk konten digital di berbagai perusahaan, lembaga/kementerian, maupun perorangan. Profil lengkapnya sila klik http://www.kangarul.id

Leave a Reply

error: Konten ini terproteksi untuk dikopi