Tips

Hari ke-31 Menjadi Penulis Novel dalam 60 Hari

232Views

m-jadi_penulis_top_bgt

Saat sedang menulis kamu menemui writers block atau kebuntuan menulis?

Ini biasanya adalah penyakit semua penulis. Bahwa tiba-tiba saja merasa mandeg dan bingung mau menulis apa atau bagaimana meneruskan cerita yang sudah ditulis. Untuk beberapa kasus, yang namanya kebuntuan menulis ini bisa menyebabkan penulis pemula menghentikan sama sekali novelnya di tengah jalan. Wah, emang berabe deh kalau ketemu penyakit menulis yang satu ini.

Makanya kalau kamu merasa buntu, segera cari akar masalahnya. Mungkin ada yang kurang dari perencanaan menulismu. Bisa jadi referensi kamu lemah, kerangka kamu kurang lengkap, tokoh kamu tidak sesuai dengan cerita, atau kamu tidak memiliki data penunjang sama sekali. Atasi segera. Jangan sampai kebuntuan menulis ini semakin parah dan menyebabkan kamu enggan menyelesaikan novel pertamamu.

Novia Syahidah, penulis novel Di Selubung Malam yang karyanya ini terpilih sebagai Novel Remaja Terpuji Anugerah Pena 2005 Forum Lingkar Pena, mengaku kalau ia sering menemui kebuntuan menulis bila bahan-bahan untuk menulis novel itu kurang. Karena itu ia selalu menyempatkan diri membaca karya-karya novel atau referensi yang sejenis dengan cerita yang sedang dibuat dengan harapan dengan melakukan hal tersebut persoalan kebuntuan menulis akan terselesaikan.

Sementara penulis novel lainnya, Zaenal Radar T mengaku kalau sedang menemui kebutuan dalam menulis ia akan jalan-jalan atau menonton sinetron. Ini dilakukan guna menyegarkan pikiran yang mungkin saat itu pikirannya sudah jenuh dalam menulis dan mesti diistirahatkan barang sejenak.

Kang Arul
the authorKang Arul
Dosen, jurnalis, dan penulis. Saat ini selain menjalani profesi sebagai dosen di berbagai perguruan tinggi, ia juga merupakan konsultan untuk konten digital di berbagai perusahaan, lembaga/kementerian, maupun perorangan. Profil lengkapnya sila klik http://www.kangarul.id

Leave a Reply

error: Konten ini terproteksi untuk dikopi