Tips

Hari ke-30 Menjadi Penulis Novel dalam 60 Hari

223Views

NovelDalam menulis novel, kamu mesti teliti. Semua yang kamu butuhkan untuk menulis novel sudah kamu siapkan. Jangan sampai kamu mengabaikannya sehingga membuat ceritamu menjadi aneh.

Ingatkan kasus soal letak stir mobil itu? Nah, pastikan bila tokoh ceritamu kamu adalah tokoh yang menyenangi petualangan alam bebas, kamu benar-benar menceritakan pakaian yang dikenakannya yang berbeda dengan yang dipakai orang-orang kantoran. Kalau kamu menggunakan latar di pedesaan tentu ada banyak hal menarik yang membedakan suasana sekitar pedesaan dengan suasana perkotaan. Bila kamu menggunakan sudut pandang orang ketiga, maka kamu adalah pencerita dan bukan orang yang terlibat dalam cerita tersebut.

Jika kamu sudah menyelesaikan satu paragraf, jangan merasa bosan untuk membaca ulang kembali paragraf yang kamu tulis. Bandingkan dengan novel-novel lain yang menjadi referensimu. Kalau seandainya diperlukan revisi bahkan penulisan ulang, kamu harus melakukannya.

Kang Arul
the authorKang Arul
Dosen, jurnalis, dan penulis. Saat ini selain menjalani profesi sebagai dosen di berbagai perguruan tinggi, ia juga merupakan konsultan untuk konten digital di berbagai perusahaan, lembaga/kementerian, maupun perorangan. Profil lengkapnya sila klik http://www.kangarul.id

Leave a Reply

error: Konten ini terproteksi untuk dikopi