Tips

Hari ke-29 Menjadi Penulis Novel dalam 60 Hari

214Views

Hidupkan karakter tokoh ceritamu. Peran karakter tokoh cerita tidak hanya pada saat mereka melakukan dialog saja, melainkan juga bahasa tubuh dan apa yang sedang mereka lakukan. Isyarat nonverbal seperti kening yang berkerut, menarik nafas, dan atau memelototkan mata kadang lebih berkomunikasi secara efektif dibanding kata-kata.

Sejak awal kamu memang sudah menyiapkan diri untuk menjadikan tokoh cerita kamu benar-benar “hidup” dengan menyiapkan semua informasi tentang tokohmu, dan bahkan mencatatnya dalam sebuah kartu indeks. Sekarang saatnya kamu buktikan, ketika kamu menulis novel, tulislah tokoh ceritamu itu seperti seseorang yang benar-benar ada di dunia nyata. Bahkan lebih luar biasa lagi bila ada yang menyatakan bahwa tokoh tersebut memang orang-orang yang ada di sekitarmu, atau malah ada yang bertanya, “Ini cerita tentang kamu ya?”

Keren, deh!

Yuk, ambil novel-novel yang kamu jadikan referensi dan baca bagaimana para penulis itu menghidupkan tokoh dan ceritanya.

Kang Arul
the authorKang Arul
Dosen, jurnalis, dan penulis. Saat ini selain menjalani profesi sebagai dosen di berbagai perguruan tinggi, ia juga merupakan konsultan untuk konten digital di berbagai perusahaan, lembaga/kementerian, maupun perorangan. Profil lengkapnya sila klik http://www.kangarul.id

Leave a Reply

error: Konten ini terproteksi untuk dikopi