Tips

Hari ke-27 Menjadi Penulis Novel dalam 60 Hari

190Views

m-jadi_penulis_top_bgtNovel memang merupakan karya fiksi. Namun, tidak berarti untuk menulis novel kamu sama sekali meninggalkan fakta-fakta yang sesungguhnya. Pasalnya, fakta akan memperkuat novelmu. Membuat pembaca merasa dekat dengan cerita, setting, dan bahkan tokoh yang kamu ciptakan itu. Pembaca akan merasa bahwa apa yang kamu tulis itu adalah kenyataan yang ada dalam kehidupan sehari-hari.

Misalnya, kamu ingin menulis karakter tokoh cerita yang berasal dari suku Sunda, dengan memasukkan beberapa kata dalam bahasa Sunda ke dalam dialog tokoh tersebut pembaca novelmu akan segera mengetahui bila tokoh tersebut adalah orang Sunda, tanpa perlu menuliskan secara gamblang dari mana asal suku tokoh tersebut.

Begitu juga ketika kamu memutuskan untuk menggunakan suatu daerah sebagai latar tempat dan kebiasaan-kebiasaannya. Jangan sampai karena kekurangan data kamu menyatakan sesuatu yang mengernyitkan kening pembaca. Masih ingat kan tentang contoh letak stir mobil sebelumnya? Ya, kamu harus teliti dalam mengolah ceritamu dan mendekatkannya dengan fakta. Mendekatkannya dengan kenyataan yang ada dalam kehidupan sehari-hari.

Manfaatkan di sela-sela waktumu menulis novel untuk melakukan riset yang akan memperkuat fakta cerita novelmu. Kamu bisa memulai dari perpustakaan, kliping suratkabar atau majalah, internet, dan bertanya kepada setiap orang yang mengetahui permasalahan yang sedang kamu angkat.

Bayangkan seandainya kamu menulis novel spionase atau detektif. Lalu, di dalam ceritamu itu kamu memunculkan tokoh seorang petugas kepolisian sementara kamu tidak tahu sama sekali pangkatnya apa. Duh, kebayang deh bagaimana jadinya tokoh ceritamu itu.

Fakta akan memperkuat novelmu. Membuat pembaca merasa dekat dengan cerita, setting, dan bahkan tokoh cerita yang ada dalam kehidupan sehari-hari

Kang Arul
the authorKang Arul
Dosen, jurnalis, dan penulis. Saat ini selain menjalani profesi sebagai dosen di berbagai perguruan tinggi, ia juga merupakan konsultan untuk konten digital di berbagai perusahaan, lembaga/kementerian, maupun perorangan. Profil lengkapnya sila klik http://www.kangarul.id

Leave a Reply

error: Konten ini terproteksi untuk dikopi