Tips

Hari ke-23 Menjadi Penulis Novel dalam 60 Hari

187Views

Sekarang mulailah menulis. Ya, menulis!

m-jadi_penulis_top_bgtKamu sudah melewati tiga minggu untuk menyiapkan bahan novel pertamamu. Kamu sudah memegang jalinan cerita yang dikembangkan mulai dari awal sampai akhir. Tokoh-tokoh ceritamu pun sudah meresap di benakmu, bahkan kamu sudah membayangkan bagaimana setiap tokoh itu memainkan perannya. Kamu sudah pula mengumpulkan beberapa referensi, mulai dari referensi novel sejenis, referensi berkaitan dengan setting (latar tempat) di mana peristiwa dalam novel kamu itu terjadi. Kamu malah sudah mempunyai beberapa dialog dan beberapa kalimat yang akan mendeskripsikan ceritamu. Kamu … sudah banyak bahan yang kamu miliki. Maka sudah saatnya pula kamu segera menulis.

Pasanglah target! Satu hari paling sedikit kamu mesti mendapatkan satu hingga empat halaman atau sekitar. Jadikan itu target yang harus kamu penuhi.

Kadang, ketika mood atau keinginan menulis sedang datang, kamu bisa menghasilkan 15 hingga 20 halaman setiap kali menulis. Akan tetapi bagi penulis pemula, buatlah rata-rata target menulis sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Seperti target 300 sampai 1.500 kata per hari itu, dan kamu bisa melipatgandakan jumlah halamannya di setiap akhir pekan di mana kamu memiliki waktu yang lebih luang. Pokoknya kamu nggak boleh melewatkan satu hari pun tanpa menghasilkan satu paragraf calon novel pertamamu itu.

Ayo, buka komputermu, mesin tikmu, atau bukumu! Tulislah novel pertamamu!

Kang Arul
the authorKang Arul
Dosen, jurnalis, dan penulis. Saat ini selain menjalani profesi sebagai dosen di berbagai perguruan tinggi, ia juga merupakan konsultan untuk konten digital di berbagai perusahaan, lembaga/kementerian, maupun perorangan. Profil lengkapnya sila klik http://www.kangarul.id

Leave a Reply

error: Konten ini terproteksi untuk dikopi