Tips

Hari ke-11 Menjadi Penulis Novel dalam 60 Hari

195Views

m-jadi_penulis_top_bgtOke, saatnya ngebahas tokoh atau karakter yang akan masuk dalam cerita novelmu.

Dalam outline sederhana yang telah kamu buat itu, kamu sudah memasukkan beberapa tokoh di dalamnya. Untuk mempermudah kamu untuk menggunakan tokoh-tokoh tersebut ada baiknya kamu memberikan detail atau perincian tokohmu dengan karakter, data diri, dan informasi lainnya termasuk menentukan apa hubungan satu tokoh dengan tokoh-tokoh lain yang terlibat dalam calon novel pertamamu.

Kamu merasa kesulitan tentang karakter tokoh-tokoh novelmu? Untuk mengatasinya cukup mudah, kok. Kamu tinggal memunculkan nama-nama teman kamu. Kamu bayangkan bagaimana mereka, apa yang mereka biasa pakai, cara bicaranya, latar belakang keluarga atau pendidikan, kesenangannya, dan sebagainya. Hal ini akan membantu kamu untuk mengenal karakter tokoh cerita kamu sendiri.

Misalnya, kamu sudah menentukan kalau tokoh cerita kamu yang bernama Andra itu memakai kaca mata. Itu artinya ada kebiasaan-kebiasaan yang sering dilakukan oleh orang yang memakai kacamata, seperti membetulkan letak kacamata, membersihkan kacanya, dan sebagainya. Jadi jangan lupa untuk memasukkan informasi tambahan ini di cerita novelmu. Hal ini akan memperkaya sekaligus menambah kekuatan tokoh dalam novelmu.

Kang Arul
the authorKang Arul
Dosen, jurnalis, dan penulis. Saat ini selain menjalani profesi sebagai dosen di berbagai perguruan tinggi, ia juga merupakan konsultan untuk konten digital di berbagai perusahaan, lembaga/kementerian, maupun perorangan. Profil lengkapnya sila klik http://www.kangarul.id

1 Comment

Leave a Reply

error: Konten ini terproteksi untuk dikopi