Tips

Hari ke-10 Menjadi Penulis Novel dalam 60 Hari

201Views

m-jadi_penulis_top_bgtKalau kamu sudah mengembangkan ide cerita dalam satu atau dua halaman, sekarang kamu perlu memasukkan ke dalamnya bagian-bagian penting dalam sebuah novel. Masukkan catatan tentang peristiwa-peristiwa apa saja yang mungkin muncul dari cerita tersebut, berapa tokoh yang akan terlibat, menggunakan latar tempat di mana, hingga data-data apa saja yang dibutuhkan.

Dengan demikian kamu sudah mendapatkan panduan cerita untuk novel pertamamu. Panduan cerita ini sering disebut dengan outline atau kerangka cerita. Yang gampangnya, outline itu semacam sinopsis atau ringkasan cerita.

Outline sangat membantu kamu dalam menulis novel. Tanpa kerangka cerita mustahil ada yang bisa menuliskan karya novel. Karena kerangka merita memainkan peranan penting untuk memberikan arah atau sebagai rel jalan cerita novel. Ia semacam panduan awal bagi para penulis. Bahkan untuk penulis yang sudah menghasilkan puluhan novel pun tetap akan memerlukan outline, meski mereka tidak mencatatnya di kertas dan hanya direkam di benak mereka.

Nah, buat kamu yang masih pemula banget dalam menulis novel, membuat outline adalah satu langkah penting yang mesti kamu lalui.

Kang Arul
the authorKang Arul
Dosen, jurnalis, dan penulis. Saat ini selain menjalani profesi sebagai dosen di berbagai perguruan tinggi, ia juga merupakan konsultan untuk konten digital di berbagai perusahaan, lembaga/kementerian, maupun perorangan. Profil lengkapnya sila klik http://www.kangarul.id

2 Comments

Leave a Reply

error: Konten ini terproteksi untuk dikopi