Find Us on Socials

Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

Teknologi

Asus ZenFone 2 Laser, Senjatanya Blogger Sejati

411Views

Sebagai seorang blogger, apa sih yang paling diperlukan selain keterampilan menulis, selalu update di blog, dan rajin-rajin mengunjungi berbagai tempat? Perangkat. Yup, perangkat menjadi senjata utama untuk seorang blogger.

Di tas saya, saya selalu membawa kamera, smartphone, laptop, dan tongsis alias tongkat narsis. Tapi, kamera jarang sekali dipakai sebenarnya. Keberadaan smartphone yang tahan dan berkamera bagus sekarang bisa menggantikan kamera yang kadang berukuran besar, berat, dan tentu mahal.

Saya sempat bertanya kepada sahabat-sahabat blogger saya, apa sih yang paling diperlukan dari sebuah smartphone untuk seorang blogger. Dan ini jawabannya:

Asus-Novia

Asus-Rosid

Yup, saya setuju banget dengan jawaban dua blogger ini. Teknologi sudah semakin canggih dan kamera yang tertanam di telepon genggam juga semakin canggih. Bahkan saya pernah dengar kabar ada yang menanamkan kamera dengan resolusi sampai puluhan megabyte. Wow…

Tapi, adakah kamera yang canggih, fitur yang oke, dilengkapi lensa yang bersih, namun berharga sesuai kantong seorang blogger?

Lama saya bisa menemukan jawaban ini. Sejak tahun 1998 saya serius ngeblog sampai punya domain sendiri dan membuat blog khusus di www.dosengalau.com setahun lalu saya belum menemukan yang pas. Ada sih yang bagus, tapi harganya selalu saja ketinggian.

Padahal… sebuah foto dalam posting-an blog memiliki makna yang lebih dalam dan bisa bercerita secara visual apa yang ingin kita sampaikan.

FOTO-KUTIPAN

Sampai suatu ketika….

“Bro, Asus ngeluarin hape yang kameranya gokil abis.”

Sore itu saya dikejutkan dengan suara telepon dari seorang sahabat. Kebetulan saya memang tahu bahwa sahabat saya itu baru saja menghadiri Press Launch ZenFestival pada Kamis (19/11/2015) lalu. Sebuah acara yang digelar ASUS untuk media dan blogger dan memperkenalkan produk-produk baru.

“Serius?” tanya saya penasaran. “Paling megapikselnya aja yang digedein yang lain, mah, sama aja.”

“Lain… ini beda. Buat blogger kayak elu ini cocok banget. Gak perlu beli kamera segede gaban kayak punya lo itu.”

Saya mengernyitkan dahi. Antara percaya dan tidak.”Sumpe lo?”

“Ya ela… gue sumpah, dah, siap ditraktir makan tiga hari. Pokoknya lo cari dah infonya di situs Asus.”

Itu adalah obrolan saya di hari pertama. Di hari itu pula saya masih biasa saja. Tidak buka-buka situs untuk mencari apa yang baru itu.

Masuk hari kedua masih biasa saja. Apalagi di Jumat (20/11/2015) saya sibuk dengan tugas sebagai dosen galau di kelas. Jadi, mau tidak mau konsentrasi saya masih tidak beralih dengan info soal Asus dan kameranya itu.

Di hari ketiga… nah, ini serunya. Ketika nongkrong di kafe di sebua toko buku di bilangan Jakarta Timur, teman blogger yang lain tiba-tiba nngomongin soal kamera ASUSyang baru itu. “Autofokusnya bisa 0,03 detik. Dahsyat,” katanya.

Saya yang sebenarnya mulai melupakan soal ASUS itu akhirnya penasaran juga. Saya pun beralih ke laptop yang sejak awal dibuka cuma ingin menulis status hari ini dan mulai browsing soal Asus itu.

Dan saya harus mengakui bahwa apa yang dikatakan teman saya itu benar adanya. ASUS telah merilis Zenfone 2 Laser dengan desain baru berukuran layar 5,5 inci. Model ini hadir sebagai jembatan segmen premium dengan segmen mainstream.

Intinya ASUS Zenfone 2 Laser adalah Smartphone Berkamera Hebat dengan Laser Auto Focus 

ZenFone 2 LaserKamera

Era 4G LTE ? Ini dia kelebihannya, ASUS Zenfone 2 Laser dirancang untuk mengadaptasi teknologi jaringan baru di 4G LTE yang mulai merambah seluruh wilayah di Indonesia. Berselancar lebih cepat dan buat blogger seperti saya selain bisa upload foto di media sosial, saya juga terkesan dengan teknologi canggih auto fokus yang ditawarkan.

Dalam rilis media/blogger yang saya terima, disebutkan:

“Pengguna dengan anggaran terbatas, yang mendambakan smartphone dengan desain premium seperti yang ditawarkan Zenfone 2 kini memiliki pilihan baru dalam wujud Zenfone 2 Laser,” kata Juliana Cen, Country Product Group Leader, ASUS Indonesia. “Dengan harga yang lebih terjangkau, model ini bahkan menyediakan fitur Laser Auto Focus, keseimbangan yang lebih baik antara performa multimedia dan efisiensi energi.”

Ok. Kayaknya saya bisa beralih, nih, ke brand yang satu ini. Sebenarnya nama ASUS sudah bukan barang baru lagi buat saya. Dua laptop saya, bahkan yang saya pakai, bermerk ASUS. Dan ungkapan desain premium, fitur canggih, dan harga lebih terjangkau itu bagi saya bukan sekadar pepesan kosong.

Tapi… saya bukan tipe yang sekadar percaya soal berita ini-itu saja tanpa saya bisa melihat barangnya langsung. Maklum, sebagai dosen komunikasi yang kadang memberikan kulian periklanan, pemasaran, dan public relations saya sedikit banyak tahu ‘apa yang ada di balik iklan atau promosi’.

Maka, saya pun mendatangi seorang sahabat, yang juga blogger, di PGC alias Pusat Grosir Cililitan. Di sana  kebetulan ia memiliki toko yang khusus menjual produk ASUS mulai dari laptop sampai smartphone.

Ternyata ASUS Zenfone 2 Laser beneran wokeh buanget. Fitur autofokusnya…

Kamera belakang ZenFone 2 Laser (ZE550KL) memiiki teknologi otofokus laser untuk gambar yang lebih jernih. Laser di ZenFone 2 Laser mampu mengukur jarak dalam kecepatan cahaya – dan menerjemahkan fokus hanya dalam waktu 0.03 detik, terutama di kondisi minim cahaya. Otofokus laser juga bisa mempercepepat proses foto close up, dan dibantu pergerakan lensa saat memotret obyek yang lebih jauh.

Mungkin terlalu berlebihan, tapi tidak apa kalo bagi saya sesuai kenyataan bahwa inilah senjata blogger sejati. Bagaimana tidak, saya yang sering menghadiri undangan untuk beberapa kegiatan kadang mengalami kendala soal pengambilan fokus. Kamera smartphone kebanyakan memiliki jeda antara 0,5 sampai 1 detik untuk menentukan fokus terhadap gambar. Jika mengambil tanpa fokus, bisa jadi gambar menjadi buram.

Bagi seorang blogger, momentum tidak bisa diulang kedua kalinya. Seandainya komposisi sebuah gambar telah sesuai tetapi fokus atau autofokus yang digunakan malah membuat lambat, tentu momen itu tidak akan bisa ditangkap. Rugi? Bangeeeeettt…

Saya mencoba membuat infografis tentang kekuatan, kehebatan, dan teknologi canggih yang ada di ZenFone 2 Laser (ZE550KL).

Infografis-Aus

ASUS Zenfone 2 Laser menggunakan kamera utama beresolusi 13MP. Resolusi ini didukung dengan lensa f/2.0 aperture sehingga dapat mengambil foto berukuran 4128 x 3096pixel. Dukungan zero shutter lag memberikan pengambilan autofokus yang berlangsung sangat cepat.

Teknologi ini menggunakan laser untuk menentukan fokus sebuah gambar atau momen. Teknologi ini juga mempercepat pencarian fokus terhadap obyek baik jarak dekat ataupun jarak jauh. Berapa kecepatannya? ASUS Zenfone 2 Laser bisa menentukan fokus sampai 0,03 detik.

Tidak sekadar cepat. Ada juga filter yang ditanam di ASUS Zenfone 2 Laser yang sangat membantu pengambilan foto dalam kondisi cahaya yang minim atau cenderung gelap. Jika menggunakan fokus biasa di kamera smartphone biasa, maka diperlukan waktu untuk mengambil foto. Kamera ini juga bisa digunakan mampu merekam video dengan resolusi FullHD dengan kecepatan 30 frame per detik.

Juga, ASUS Zenfone 2 Laser didukung dengan teknologi khas ASUS PixelMaster Camera yang membuat mampu menangkap gambar dan video lebih terang sampai 400 persen. Jadi, jangan khawatir jika seorang blogger ingin mengambil foto saat dalam kondisi pencahayaan minimal.

Asus Glass

Soal daya tahan perangkat dan juga layarnya, ASUS Zenfone 2 Laser punya layar kuat dengan Gorilla Glass yang sudah terkenal dengan kekuatannya. Selain itu ada cover glass corning dan GFF alias G Film Film touch sensor yang salah satunya tetap akan memberikan respon meski kita sedang memakai sarung tangan.

Inovasi ini yang dilakukan oleh ASUS. Selama ini perangkat smartphone dengan empat lapisan layar, produk ASUS ini mereduksinya dengan hanya dua lapisan layar. Meski lebih kecil, tapi kemampuannya setara bahkan lebih besar dan juga lebih aman.

Kembali ke soal fitur dan perangkat kamera. Ada dual-LED (dual tone) flash yang juga ditanam di ASUS Zenfone 2 Laser ini. dual-LED ini dapat membuat hasil foto terekam dengan warna yang lebih natural dan bahkan keindahan warnanya sesuai dengan saat mata memandang.

Sementara kamera depan  memiliki resolusi yang cukup tinggi yakni 5MP serta dengan aperture f/2.0. Buat blogger yang suka narsis atau selfie, kamera depan ASUS Zenfone 2 Laser menyediakan sudut yang lega hingga 85o sehingga  lebih banyak obyek yang bisa ditangkap dalam foto.

Soal harga? Inilah beraninya pabrikan ASUS. Dengan fitur dan teknologi serta perangkat canggih yang dihadirkan harganya sesuai banget dengan kantong blogger, dan juga tentunya buat siapa saja. Untuk model ASUS Zenfone 2 Laser 5.5 ZE550KL tersedia di harga Rp2,699 juta.

Infografis-Asus-2

Wow…

“Bagaimana, Bro?” tanya teman saya penasaran ketika ia tahu saya mulai mencari-cari produk ASUS yang berfokus canggih itu.

“Dahsyat banget,” jawab saya singkat.

“Pan, gue bilang juga apa, ASUS gila nih ngeluarin produk yang beginian.”

“Iya, gue juga kepikiran mau ganti hape, nih.”

“Nah, gitu dong. Tapi…” Terdengar suara tarikan napas teman saya itu, “yang lo pegang mau dilepas berapa?”

Saya langsung meledak. “Bro, di-offline aja ya. Tapi, lo kasih harga bagus ya.”

“Harga bagus dan hape bagus, mah, cuma ASUS.”

Dan kami pun malam ini tertawa lepas.

Nah, buat yang ingin mengganti smartphone atau buat blogger yang ingin memiliki senjata lengkap untuk ke lapangan, coba pertimbangkan ASUS Zenfone 2 Laser. Jangan sampai menyesal nantinya.

O ya, patut dicatat, nih, ASUS Zenfone 2 Laser punya tiga varian. Varian ini berdasarkan lebar atau dimensi perangkat dan juga tentu saja dengan harga yang berbeda pula.

Asus-Layar

Ok, bukan?

Nah, yang udah baca spesifikasi dan fitur-fitur canggih dan masih merasa ingin menjadi blogger sejati… pilih ASUS sebagai salah satu perangkatnya ya.

Kang Arul
the authorKang Arul
Dosen, jurnalis, dan penulis. Saat ini selain menjalani profesi sebagai dosen di berbagai perguruan tinggi, ia juga merupakan konsultan untuk konten digital di berbagai perusahaan, lembaga/kementerian, maupun perorangan. Profil lengkapnya sila klik http://www.kangarul.id

43 Comments

Leave a Reply

error: Konten ini terproteksi untuk dikopi