CatatanTeknologi

4G LTE XL dan Saya Dapat iPhone!

259Views

Dalam perjalanan ke Bogor, saya menerima pesan singkat dari seorang teman yang kebetulan bekerja di XL Axiata. Menurut pesan itu saya diminta untuk hadir dalam acara peresmian jaringan 4G LTE milik XL di Ambassador Mall, Jakarta keesokan hari (Selasa, 17/11/2015).

Awalnya, karena ada acara akademik yang harus saya ikuti, saya membalas bahwa saya menyesal sekali tidak bisa ikut. Namun, kenyataan berbeda, ternyata di pagi sekali saya sudah ada di Jakarta dan punya waktu luang. Langsung saya kirim pesan dan alhamdulillah masih ada seat untuk ikut.

Tak menyiakan kesempatan ini, saya buru-buru meluncur dengan layanan ojek aplikasi. Di lokasi saya menemukan beberapa teman blogger lainnya dari Kelas Blogger yang sudah hadir. Dan… kebiasaan blogger galau ya kita selpih-selpihan dulu.

Oke, cukup bicara selfie blogger ganteng, acara peresmian pun dimulai di sebuah resto. Awalnya akan diluncurkan di lokasi yang sudah ditentukan, tetapi karena alasan daya listrik di gedung yang bermasalah maka lokasinya pun dipindah. Sebenarnya lokasi kedua memang sudah di-booking oleh pihak XL sendiri.

Penataan ulang jaringan 4G LTE di frekuensi 1.800 MHz ini dilakukan juga bersamaan dengan provide lainnya. Menurut Chief Executive Officer XL Dian Siswarini bahwa XL sudah melakukan itu sejak bulan Mei tahun lalu. Di akhir bulan ini bahkan acara peresmian jaringan 4G LTE akan diresmikan di 12 kota lainnya.

“Sampai tadi malam bahkan sampai ada yang begadang menyiapkan penataan ulang ini,” kata Dian.

Di saat lain, Vice President 4G LTE XL, Pantro Pander Silitonga kemudian menunjukkan sebuah video dan presentasi di layar televisi tentang pengalamannya menjajal jaringan 4g LTE. Hasilnya? Dari beberapa provider, terbukti jaringan 4G LTE milik XL masih berada diurutan pertama.

“Ini bukan rekayasa,” katanya seraya menambahkan bahwa ada kemungkinan di setiap lokasi berbeda juga akan mendapatkan hasil yang berbeda. Namun, terlepas dari soal peringkat itu, XL membuktikan bahwa kebutuhan masyarakat atau pengguna telepon genggam serta jaringan internet memerlukan kecepatan pemakaian data yang bisa besar–baik dalam menggunggah atau mengunduh. “Akhir Desember semua daerah di Jakarta sudah terjangkau jaringan 4G LTE.”

Ok. Saya tidak akan membahas panjang soal kelebihan dan bagaimana jaringan 4G LTE itu, yang pasti saya pernah bersama XL menjajal jaringan 4G dengan bus vip mereka.

Ibarat ungkapan yang popular di berbagai daerah, saya itu “pergi dengan langkah kaki kanan”. Awalnya memang saya hampir 100 persen tidak bisa hadir, namun ternyata bisa. Nah, karena bisanya itulah ada rezeki yang mampir tiba-tiba.

Ceritanya nih ya, pas acara peresmian itu yang dihadiri oleh wartawan, beberapa seller XL, dan juga blogger ada pengundian doorprize…. dan saya salah satu yang beruntung dapat iPhone 6 Gold 16 G. Yippie…. Maka jadi deh saya tidak sekadar tahu  jaringan 4G LTE-nya XL tapi langsung merasakan bagaimana cepatnya jaringan tersebut secara kartunya sudah ganti yang support dan sebenarnya hape yang saya pegang saat ini, yang sebenarnya masih baru banget, juga sudah mendukung.

 

Kang Arul
the authorKang Arul
Dosen, jurnalis, dan penulis. Saat ini selain menjalani profesi sebagai dosen di berbagai perguruan tinggi, ia juga merupakan konsultan untuk konten digital di berbagai perusahaan, lembaga/kementerian, maupun perorangan. Profil lengkapnya sila klik http://www.kangarul.id

10 Comments

Leave a Reply

error: Konten ini terproteksi untuk dikopi