OPPO F5 Memang Pembuktian Selfie Expert and Leader

By -

Layar yang sudah Full Screen FHD+ dan kamera depan 20 MP dengan A.I. Beauty Recognition Techonology membuktikan kalau OPPO F5 layak menyandang nama besar sebagai Selfie Expert and Leader

M
ungkin, eh, tapi bukan sekadar mungkin, melainkan banyak orang yang bilang kalau saya cocok menyandang “gelar” Dosen Galau. Kenapa? Ya, selain galau karena sering ninggalin kelas (jujur, nih, ceritanya) demi jelong-jelong ke pelosok Indonesia, saya juga sedikit narsis di media sosial. Sedikit sih.. paling kadarnya 97,5 persen lah.  😆

Coba, deh lihat foto narsis saya yang satu ini… geser ya biar bisa tahu bepor alias sebelum dan apter alias yang udah pake A.I. Beauty Recognition Techonology yang bisa banget capture the real you itu.

Tanpa <span>A.I. Beauty Recognition Techonology</span>
dengan <span>A.I. Beauty Recognition Techonology</span>

Keliatan bedanya ya antara yang terawat ama yang nggak… eh. Kualitas kamera depan OPPO F5 yang 20 megapiksel tidak hanya menampilkan gambar yang sesuai realitas. Juga, karakter wajah objek menjadi tegas terlihat.

Terlepas bawaan wajah saya yang memang terlihat tamfan rufawan (maaf kan kakanda munaroh 😳 ) tapi hasil kameranya bisa menangkap semua objek dari berbagai jarak dengan presisi yang ok. Foto tidak dipaksakan menampilkan bokeh yang kalau di kamera gawai lain terkesan maksa banget.

Tapi, yang jadi pertanyaan kenapa OPPO main di area swafoto alias selfie? Dan apakah layak disebut sebagai Selfie Expert and Leader?

Rasanya gak aneh dan bisa dibilang gawai ini hadir buat kebutuhan semua kalangan termasuk kids jaman now. Kebutuhan untuk narsis baik sendiri atau swafoto (selfie) maupun bersama-sama (wefie) sudah menjadi prasyarat industri gawai jika ingin sukses. Konon kabarnya di satu negara aja ada sejutaan foto yang selfie yang diunggah setiap hari.

Riset Opinium yang dilakukan oleh www.opinium.co.uk di Inggris saja mendapatkan fakta bahwa ada 1 juta foro selfie per hari yang diunggah. Makanya, gak heran kalau OPPO memposisikan dirinya sebagai pemain utama untuk perangkat canggih swafoto ini dengan tagline Selfie Expert and Leader.

Bayangin berapa jumlah foto kalau yang menjadi sampel adalah pengguna gawai di Indonesia?

Laporan media sebesar Time saja dalam laporan yang bertajuk “Selfies Cities World Rankings” menujukkan bahwa Bali menempati urutan ke-18  dengan 75 selfie per 100 ribu orang, Jogjakarta di urutan 43 dengan 51 selfie per 100 ribu orang dan Bandung urutan ke-88 dengan 33 selfie per 100 ribu orang. Peringkat ini adalah peringkat foto selfie dari berbagai kota besar di seluruh dunia ya.

Jika jumlah penduduk Indonesia yang ratusan juta dan hampir semua riset menempatkan negara kita ini selalu masuk dalam 5 besar soal pengguna media sosial, saya mah yakin kalau jumlah foto yang diunggah bisa jutaan dalam sehari.

Kesimpulannya swafoto sudah jadi aktivitas sehari-hari.

K
ebetulan saya dapat undangan khusus untuk menghadiri launching perangkat OPPO F5 pada Senin, 13 November 2017 lalu. Peluncuran sekaligus penanda launching produk untuk pasar Indonesia dan juga Asia Tenggara.

Kalau dihitung ada kali saya 3-4 kali menghadiri undangan peluncuran produk OPPO. Di antara susunan acara yang paling saya tunggu adalah menjajal peforma gawai baru itu. Makanya, beruntung saya bisa membuktikan  bagaimana capture the real you dengan teknologi A.I. Beauty Recognition Techonology disematkan.

B
anyak hal baru yang saya dapetin saat launching— bukan karena mau selpih sama Chelsea Islan  yang didapuk jadi brand ambassador–tetapi menjajal langsung perangkat berlayar 6 inci dan sudah full FHD+ beresolusi 2160×108 dengan hanya seberat 152 gram ini.

Kekuatan kamera depan belakang dan disematkan dengan perangkat lunak yang handal plus desain yang terkesan handy dan mewah, membuat perangkat ini sangat kekinian banget.

Tak heran memang karena d belakang layar, OPPO  memang disetir oleh orang-orang muda sehingga mengerti betul apa yang diinginkan oleh pemakai gawai ini. “Kesuksesan OPPO karena di belakang kami ada orang-orang muda,” begitu kira-kira penjelasan dari Alinna Wexin  Marketing Director OPPO Indonesia.

J
uga, gaya hidup yang aktif di kalangan pengguna gawai sering kali memerlukan fitur yang mampu menghasilkan foto yang sesuai dengan karakter masing-masing. Apalagi kehadiran A.I. Beauty Recognition Technology memastikan bahwa karakter wajah masing–masing subjek dapat ditampilkan dengan baik.

Beberapa perangkat lain, seringkali terjadi kesalahan pengaplikasian fitur beautify. Misalnya  tampilan feminin untuk subjek pria, atau foto anak–anak dengan hasil selayaknya orang dewasa. Foto dengan dua objek (orang) yang berbeda karakter seperti warna kulit juga sering menjadi samar.

Nah, fitur terbaru di perangkat ini dipastikan bisa menghasilkan foto yang tidak sekadar bagus. Semua objek bisa keluar karakter dan keunikannya masing-masing.

Menurut Alinna, OPPO memang selalu menjadi perintis soal swafoto dan aplikasi yang menyertainya. Sebagai contoh, di tahun 2012 saja hadir sebagai perangkat pertama di dunia yang mengusung teknologi Beautify Software Technology.

Kalau mau merunut jejak upaya menjadi Selfie Expert and Leader, terlihat jelas memang soal swafoto ini menjadi urusan serius. Yuk, ah, tengok infografis rekam jejaknya di bawah ini:

Tidak sekadar A.I. Beauty Recognition Technology 

S
oal kekuatan fitur baru yang disematkan juga dipertegas oleh Suwanto selaku Marketing Planning Manager OPPO Indonesia. Tidak hanya mengusung kekuatan kamera dan perangkat lunak untuk kebutuhan swafoto, melainkan juga OPPO F5  ada beragam fitur yang sebelum tidak ada di seri sebelumnya.

Perangkat ini bisa mengidentifikasi karakter dari keunikan setiap wajah. Capture the real you melalui fitur teknologi terbaru akan mengenal sekitar 254 titik di setiap wajah objek. Jumlah ini tentu akan menghasilkan pengambilan gambar layaknya sebuah kamera profesional.

Mengenal wajah lebih akurat,” tegas Suwanto ,”pada OPPO F5 menggunakan 254 spots positioning yang bisa mengenal wajah lebih akurat. Selanjutnya, teknologi A.I. Beauty Recognition Technology  akan melakukan deteksi dari warna kulit sampai usia.”

Istilah yang dipakai adalah kamera OPPO F5 bisa memiliki reaksi otak manusia ketika melihat wajah seseorang. Barulah A.I. Beauty Recognition Technology  melakukan personalize efek beauty untuk kriteria wajah tersebut. Artinya nih kita gak perlu khawatir soal keunikan masing-masing. Tangkapan foto dengan perangkat ini oke banget kok.

Fitur lainnya adalah  facial unlock. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menjalankan aplikasi atau membuka gawai dengan cara cukup memindai wajah, tanpa perlu memasukkan kata kunci, pola, atau pindai sidik jari. O ya pindai sidik jari atau finger print di OPPO F5 ini cuma perlu waktu 0,2 detik saja loh untuk membuka

Fitur  facial unlock bahkan mampu melakukan pemindaian sampai 128 titik wajah pengguna. Artinya, yang lagi repot-repotnya memegang sesuatu, misalnya lagi masak, gak perlu susah-susah membuka layar gawai, cukup menatap ke arah ponsel.

“Jadi ketika smartphone kita di meja atau misalnya di-dock, tangan kita tidak perlu harus membalikkan ponsel untuk membuka akses melalui finger print,” Suwanto.

Gawai dengan Kekuatan Bermain Game

T
idak hanya memenuhi kebutuhan eksis di media sosial. Perangkat OPPO F5 ternyata juga dirancang khusus untuk kebutuhan bermain game dari berbagai kalangan. Kualitas grafis dan dapur pacu yang ada di perangkat ini memaksimalkan pengalaman saat menjalankan game.

Menggandeng perusahaan berskala internasional, perangkat terbaru  berkonsumsi energi  rendah dan GPU ARM Mali G71 MP2 800MHz  bisa menjalankan Arena of Valor  (AOV) dengan cukup lancar. Meski pilihan ram antara 4GB atau 6 GB, namun dengan  prosesor MT6763T Octa Core tetap berjalan lancar.

“Perangkat ini bisa meningkatkan user experiences kita dalam bermain game,”jelas Hans Kurniadi Saleh selaku Product Manajer Garena-AOV Indonesia

Perangkat OPPO F5 tersebut juga mendukung mode high frame rates  yang ada dipengaturan game AOV. Pengaturan ini dapat dikombinasikan dengan fitur game acceleration. Kombinasi ini mampu menghasilkan lebih 30 fps (frame per second) atau gambar  setiap detik dengan maksimum frame rate sebesar 60 fps.

Saya menyaksikan bagaimana 10 undangan, media dan blogger,  di acara launching ditantang untuk memainkan game ini. Dibagi dua tim dan pemenang game bergenre mobile moba ini mendapatkan 5 perangkat OPPO F5. Aih… mupeng…

Mau ganti gawai? Cari OPPO F5 aja

B
uat yang mau ganti gawai dan pertimbangan untuk merekam momen-momen spesial perjalanan sendiri, bersama keluarga, atau bersama rekan-rekan, maka pilihan OPPO F5 ini boleh menjadi pertimbangan utama.

Hadir dengan warna emas, hitam, dan merah perangkat ini sekali lagi dilengkapi kamera depan 20 MP dengan diafragma f/2.0 dan kamera belakang 16 MP dengan bukaan lebar f/1.8. Patut dicatat, kamera depan dapat memberikan efek bokeh alias yang blur-blur gambar di belakang itu loh dan juga efek HDR yang sama dengan kamera-kamera profesional.

 

Jangan khawatir soal pemindahan file atau berkas foto. OPPO F5 juga ada teknologi berbagi file O-Share. Teknologi tersebut memiliki kecepatan transfer berkash 100 kali lebih cepat dari Bluetooth. Artinya, setiap detik kita bisa memindahkan 10 gambar yang masing-masing sebesar 3MB. Wow…

Y
ang jangan diabaikan adalah teknologi unggulan A.I. Beauty Recognition Technology  yang memindai dan menangkap gambar tidak hanya objek melainkan latar objek yang terlihat detailnya.

So, kalau boleh memberikan rekomendasi sih, perangkat ini harus ditaruh di daftar teratas dari perangkat gawai yang must have banget. Gak salah kalau disebut sebagai Selfie Expert and Leader.

Percaya, deh!

(117)

Jurnalis-Penulis-Traveler merupakan tiga rangkaian kata yang bisa menjelaskan siapa saya, selain sesekali menjadi dosen tentunya. Telah menulis 100-an judul buku. Sering memberikan pelatihan terkait PR 3.0, digital media, dan komunikasi di berbagai institusi. Selain di blog ini, ia juga memiliki weblog di www.kangarul.com dan www.dosenkomunikasi.com

14 Comments to OPPO F5 Memang Pembuktian Selfie Expert and Leader

  1. OPPO ini terbilang pabrikan ponsel pintar yang jeli melihat kebutuhan pasar ya Kang. Sejak diluncurkan dengan mengusung tagine Camera Phone, memang publik langsung inget kalo soal kamera smartphone ya punya OPPO. Apalagi sekarang swafoto alias selfie makin digemari tambah keren nih rilis F5 dengan teknologi AI beauty recognition. Jadi mupeng nih buat nemenin jalan jalan. Ga perlu bawa kamera berat….

  2. kalo mengandalkan kwcanggihan.dari Oppo F5 jadinya kegantengannya semu dong *becanda deng 🙂
    .
    Kepincut euy, baca2 artikel ini .. bung yok kita nabung?!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *