Ngopi-ngopi di Starbucks JI Expo

By -

Saya sedang menikmati sore dengan sebuah buku dan kopi hangat. Tiba-tiba telepon genggam saya bergetar, pertanda ada pesan yang masuk.

“Ngopi di Starbucks JI Expo.” Begitu yang tertera di pesa WA saya. Tanpa menunggu lama saya pun membalas dan mengiyakan untuk ngopi di kedai berkelas itu di akhir pekan ini. Maka jadilah jelang sore hari Sabtu (29/08/2015) ini saya meluncur di seputaran Kemayoran. Kedai kopi itu telah membuka kedai terbarunya di Ji Expo Jalan Rajawali Selatan Arena PRJ Kemayoran, Jakarta 10620.

Ini adalah pengalaman ketiga saya menjajal kopi di Starbucks. Sebelumnya saya juga menghadiri pembukaan store atau kedai kopi bermerk putri duyung berwarna hijau ini di Stasiun Kota, sebuah kedai kopi yang mempertahankan desain arsitektur dari stasiun kota. Kemudian pada Maret 2015 lalu saya juga menghadiri #Digital Coffe Talk di Starbucks juga.

Maka saya pun meluncur bersama beberapa orang blogger ke lokasi. Lokasinya sangat mudah ditemui karena berada di tempat di Hotel Holliday Inn Express dan juga dekat dengan lokasi pameran di Kemayoran.

“Ini adalah store baru milik Starbucks, baru sekitar satu bulan dibuka untuk umum,” Noel sebagai manager store menjelaskan.

Bagi saya, kedai kopi utamanya Starbucks merupakan salah satu tempat favorit untuk menghabiskan waktu. Selain bisa menikmati sajian kopi atau minuman lainnya sesuai selera, tempatnya juga menjadi spot paling asyik untuk menyelesaikan pekerjaan. Beberapa naskah buku atau konten saya selesaikan di kedai ini dan kebetulan salah satu lokasinya berdekatan dengan rumah saya.

Juga, baristanya tidak hanya sekadar menyajikan kopi, sebagai menu utama tentunya. Pelanggan bisa bertanya langsung minuman apa yang cocok dengan mereka. Jika kafein bermasalah, maka akan disarankan untuk meminum kopi yang nyaris 90 persen kafeinnya sudah disaring atau dihilangkan. Atau buat yang ada asam lambung tinggal bertanya kopi apa yang cocok.

“Setiap kopi punya flavour (cita rasa) yang berbeda-beda,” jelas Noel lagi.

Starbucks JI Expo sendiri di desain dengan menonjolkan aspek kayu atau ornamen kayu. Lantainya pun meski dibuat dari semen dan pasir, dibentuk seperti menyerupai lekuk-lekuk dari kayu. Jangan ditanya bangku dan mejanya, sepanjang pengalaman saya menjajal kopi di Starbucks selalu saya merasai duduk di kursi dan meja yang berbahan dasar kayu.

Dinding kedai ini juga sebagian besarnya berbahan kaca. Jadi, ada pemandangan yang bisa dinikmati pelanggan ketika duduk di dalam. Dinding kaca juga bisa membawa suasana ke dalam ruang sebab posisi matahari menentukan cahayanya yang memendar ke ruangan Starbucks JI Expo ini.

Bosan di dalam dan diterpa pendingin ruangan? Ada lebih dari lima meja yang disediakan di selasar luar kedai ini. Baik pagi, sore dan malam duduk di luar dan merasakan angin alami bisa menjadi pilihan. Apalagi lokasinya yang cenderung privasi karena berada dalam satu kawasan dengan hotel membuat tidak banyak orang yang berlalu-lalang.

Ok. Bagi saya ini adalah salah satu pilihan jika sedang berada di seputaran Kemayoran.

 

Ada Starbucks Card

Buat yang coffe addict dan sering nongkrong di Starbucks, jangan lupa memanfaatkan fasilitas kartu keluaran Starbucks. Kartu ini selain sebagai “keanggotaan” juga dapat menikmati promo serta program yang dijalankan oleh Starbucks.

starbucksStarbuck Card merupakan program yang diluncurkan Starbuck Indonesia pada awal Januari 2014 lalu. Kartu ini merupakan penghargaan bagi pelanggan Starbuck di seluruh wilayah untuk merasakan momem atau peringatan spesial.

Kartu ini bisa dimanfaatkan pelanggan untuk merasakan sajian minuman dan kuliner di seluruh lokasi Starbuck di Indonesia bahkan di mancanegara sekalipun. Pada awal-awal peluncuran, pemegang Starbuck Card mendapatkan sajian Gingerbread Beverage setiap pembelian Asian Dolce Latte atau Asian Dolce Frappuccino. Nah, di bulan Agustus sampai 12 November 2015 setiap transaksi yang menggunakan kartu ini akan mendapatkan dua tiket gratis untuk mengunjungi museum di kota masing-masing.

Sealin itu, di awal September 2015 ini pemegang Starbucks Card juga bisa memanfaatkan promo dalam rangka festival kue bulan dalam Starbucks Mooncake Festival. Ada empat pilihan paket menikmati minuman mulai dari kopi, Mocha Milk Tea, Green Tea Latte dan kue bulan klasik (Classic White Lotus Paste Mooncake) dalam satu paket. Untuk pemegang kartu bisa menikmati pre-selling pada 1 sampai 6 September 2015.

Tentang Starbucks Indonesia

Starbuck adalah perusaah kopi berskala internasional yang berdiri sejak tahun 1971. Perusahaan ini pada awalnya menyajikan kopi dari kualitas tertinggi kopi arabica. Kopi arabica adalah kopi masuk kelas premium karena agak tumbuhnya di dataran yang tinggi.  Ekspansi keseluruh dunia membuat perusahaan ini mulai menyediakan kopi-kopi yang berasal dari daerah lokal. Di Indonesia misalnya ada kopi Toraja atau Sumatera yang juga disajikan dan bisa dinikmati.

O ya, di Indonesia bendera Starbuck berada di bawah PT Sari Coffee Indonesia. Perusahaan tersebut merupakan kerjasama dari brand Starbuck Coffee International dan PT Mitra Adiperkasa. Sampai Desember 2013 Starbucks sudah memiliki 167 toko dan sampai medio 2015 ini jumlah toko Starbuks di Indonesia sudah menjadi 200 lebih .

Pike Place Interior (dok. Starbucks)

Pike Place Interior (dok. Starbucks)

Nah, buat yang pengen tahu perjalanan Starbucks Indonesia, ini dia timeline-nya:

2002 Starbucks open its first store in Plaza Indonesia, Jakarta and its first flagship in Plaza Senayan, Jakarta. The first store in Surabaya was also opened at Tunjungan Plaza 4.
2003 Starbucks opened its first airport store in Indonesia at the Soekarno-Hatta Airport, Cengkareng and the first Bali store at Hard Rock Hotel Bali.
2004 Starbucks opened its first 24-hour store in Skyline Building Thamrin. As part of its commitment to continue to innovate, Starbucks introduced WiFi to the store for the first time. Starbucks also opened its first store in Sumatra at Sun Plaza Medan and conducted the first Coffee Ambassador Competition.
2005 Starbucks opened its first drive-thru store in Southeast Asia at KM 19 Cikampek.
2006 Starbucks conducted the 2nd Coffee Ambassador Competition and opened its store in Margo City Depok and Botani Square Bogor.
2007 Starbucks opened its fourth store in Surabaya, which is at Tunjungan Plaza 3 and the fourth store in Bandung at Mal Paris van Java Mal. The first store in Yogyakarta was also opened at the Ambarukmo Plaza. The second drive-thru service was opened at KM 13.5, Serpong.
2008 At the beginning of January, Starbucks opened its 61st store at Pacific Place.
2009 Starbucks opened its Terminal 3 – Soekarno Hatta Airport store and the first store in Balikpapan.
2010 Starbucks opened its store at the Juanda International Airport, Surabaya and added one more city, which is Semarang. Starbucks opened its 90th store at Sogo Central Park.
2011 Starbucks opened its fifth drive-thru store at Rest Area KM 97. Batam became the 9th city for Starbucks with the store located at Mega Mall Batam and then followed by Makassar as the 10th city with the first store located at Mall Ratu Indah. Starbucks opened the 100th store at the University of Indonesia and opened the 111th store on 11-11-11 at UOB Plaza, Jakarta.
2012 Starbucks entered its 11th city with the opening of Starbucks Solo Paragon in Solo and then followed by the 12th city with the first store in Palembang at the Palembang Indah Mall.

Bagi yang ingin mengetahui dimana lokasi kedai-kedai Starbuck yang ada di Jakarta maupun di seluruh Indonesia, klik saja ke http://www.starbucks.co.id/store-locator/search

 

(442)

Jurnalis-Penulis-Traveler merupakan tiga rangkaian kata yang bisa menjelaskan siapa saya, selain sesekali menjadi dosen tentunya. Telah menulis 100-an judul buku. Sering memberikan pelatihan terkait PR 3.0, digital media, dan komunikasi di berbagai institusi. Selain di blog ini, ia juga memiliki weblog di www.kangarul.com dan www.dosenkomunikasi.com

10 Comments to Ngopi-ngopi di Starbucks JI Expo

  1. 13 tahun, euy 🙂
    lama juga…

    zaman saya seragam putih abu-abu itu, kalo nongkrong di starbucks sambil gantungin nokia jadul 2100 di leher, perasaan keren banget
    he he he

  2. Ini bener-bener pengalaman pertama ngopi di starbuck… Seneng banget *biarin dibilang norak* Jadi tau, ternyata ngopi di starbuck kaya gitu toh. Kalo ada acara ngopi-ngopi lagi, undang lagi ya kang *ngarep* ^___^

  3. Nongkrong di Starbucks itu bukan hanya sekedar nongkrong, tapi nongkrongnya penuh isnpirasi baru yang tersaji bersama secangkir kopi yang hangat…

  4. Roosvansia

    Terima kasihhhhh boleh berkesempatan gabung sama BRID di Starbucks ya kang Arul hehehehee.. Si mermaid, Siren – …. she’s a promise too, inviting all of us to find what we’re looking for, even if it’s something we haven’t even imagined yet…. YES!!! Saya jadi punya kenalan baru hehehehhe.. See ya kang Arul. Have a good day.

    ROOSVANSIA LOVE, LIFE, & MAKEUP JOURNAL | IM THE ONLY DAUGHTER

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *