Tips

Menjadi Penulis Novel dalam 60 Hari

m-jadi_penulis_top_bgtMenulis novel? Nggak salah? Menghasilkan satu halaman cerita saja susahnya minta ampun, apalagi mau puluhan bahkan ratusan lembar?

Ya, mungkin masih ada sederet pertanyaan lainnya yang tiba-tiba saja hadir di kepala ketika ada yang menyampaikan pertanyaan, “Mau menjadi penulis novel?” Dan bisa jadi kamu senidir bahkan tidak pernah membayangkan menjadi seorang penulis novel sebagai profesi. Apalagi bila melihat betapa tebalnya buku-buku novel yang berjejer di toko buku, semakin jauhlah keinginan untuk menggeluti dunia penulisan novel. Betul kan?

Namun, pernahkah kamu membayangkan bila menulis novel itu bisa dikerjakan siapa saja? Dan tahukan bila pekerjaan menulis novel bisa menyenangkan? Dan tahukah kamu bahwa sebuah novel bisa dihasilkan hanya dalam waktu 60 hari saja? 60 hari? Dua bulan? Ah, masak, sih?  

“Saya jadi teringat Fahri Asiza. Dia pasti akan bilang, ‘Enampuluh hari? Kelamaan! Saya cuma 3 hari.’ Tapi intinya, menulis novel harus punya niat yang keras dan penuh kedisiplinan. Terjadwal. Untuk pemula, buku ini bisa jadi rujukan. Selebihnya, tegantung kamu. Ah, sudah! Menulis sekarang!”
Gola Gong, Ketua Umum Rumah Dunia, kreatif RCTI, novelis

“Sebuah ide adalah berlian yang belum terasah. Buku ini menyodorkan seperangkat asah yang mudah digunakan, sistematis, dan fungsional. Menulis novel menjadi tak sesulit yang diperkirakan penulis pemula.”
Akmal Nasery Basral, cerpenis, Wartawan Majalah TEMPO

“Arul Khan penulis muda dan prolifik yang bahasanya enak, dan cerita-ceritanya asyik. Buku-bukunya baik cerpen dan novel sudah diterbitkan berbagai penerbit. Buku Menjadi Penulis Novel dalam 60 Hari  yang ditulis oleh Arul Khan ini dijamin akan sangat membantu kamu, yang tertarik nulis novel. Serius!”  
Asma Nadia, penulis, CEO Lingkar Pena Publishing House

O ya, ini beberapa karya novel yang saya tulis dan terbitkan:

Masih nggak percaya? Mulai tanggal 1 Oktober 2015, setiap hari saya akan membuat konten langkah demi langkah bagaimana menulis novel dalam 60 hari yang diambil dari buku saya Jadi Penulis TOP BGT terbitan MIZAN.

Yuk, kita mulai program 60 hari menulis novel!

Hari ke-1
Hari ke-2
Hari ke-3
Hari ke-4
Hari ke-5
Hari ke-6
Hari ke-7
Hari ke-8
Hari ke-9
Hari ke-10
Hari ke-11
Hari ke-12
Hari ke-13
Hari ke-14
Hari ke-15
Hari ke-16
Hari ke-17
Hari ke-18
Hari ke-19
Hari ke-20
Hari ke-21
Hari ke-22
Hari ke-23
Hari ke-24
Hari ke-25
Hari ke-26

Kang Arul
the authorKang Arul
Dosen, jurnalis, dan penulis. Saat ini selain menjalani profesi sebagai dosen di berbagai perguruan tinggi, ia juga merupakan konsultan untuk konten digital di berbagai perusahaan, lembaga/kementerian, maupun perorangan. Profil lengkapnya sila klik http://www.kangarul.id

1 Comment

Leave a Reply

error: Content is protected !!