Menangkap Kecantikan di Langit Jakarta

By -

Menjajal warna natural alami di rooftop sebuah hotel dan ditemani warna-warni di langit Jakarta.  Suasana yang ditangkap dengan perangkat telepon genggam bersama rekan-rekan blogger di #KelasBlogger rasanya adalah pengalaman ramadhan tersendiri tahun ini.

Saya masih ingat ketika rekan lawan gaplek saya, yang selalu kalah terus, menghubungi saya melalui WA dua tiga hari menjelang puasa. Ia menanyakan kapan ada waktu mau diajak buka bareng.

Saat itu saya langsung mengiyakan dan jadilah acara buka bareng temen-temen #KelasBlogger tersebut. O iya temen saya itu dari situs ArenaLTE.com yang kebetulan pas bukber itu bekerjasama dengan Coolpad Indonesia menggelar acara ‘Community Meet Up : Cool Dual Experience‘. Acara sendiri berlangsung di Awan Lounge, Hotel Kosenda awal pekan  (30/5/2017) lalu.

Ternyata bukber ini bisa dibilang istimewa lah… sebab komunitas blogger, dan media  yang juga hadir, ditantang untuk mencoba langsung kemampuan fotografi dari smartphone terbaru Coolpad Cool Dual. Buat saya merk ini tidak terdengar asing, saya ingat beberapa waktu lalu pernah membeli satu perangkat untuk anak saya yang masih SD. Yah, sekadar bisa bermain games dan buat menyalurkan hobinya motret narsis.  😛 

Dua lensa yang ditanam di perangkat Coolpad ini dipakai secara bersamaan. Dua buah lensa berkekuatan masing-masing 13 MP rupanya mempunyai fungsi berbeda. Lensa di dua kameranya bekerja secara bersamaan untuk menghasilkan hasil foto yang bagus dengan lensa (warna) RGB dan lensa (warna) monokrom.

Nah, saat yang dinantikan pun tiba… tsah bahasanya… saya dan semua rekan #KelasBlogger mendapat kesempatan untuk menjajal perangkat yang diperkuat dengan prosesor Snapdragon 652 1.8GHz Octa-core serta Adreno 510 ini. Setiap blogger dipinjamkan satu Cool Dual dan berkesempatan menjajal dua kamera yang ditanam di depan.

Ada dua objek atau topik yang dijajal, pertama dengan objek makanan yang disediakan oleh hotel dan yang kedua adalah memotret model. Kalau saya? Aih, jujur saya lebih suka motret “benda” bergerak. Selain karena alasan saya bisa mengambil berbagai sudut dan tentu  mengambil model karena cantiknya memiliki tantangan tersendiri karena kita bisa mengatur sang model dengan pose yang berbeda.

Taking picture Jajal kamera Coolpad Cool Dual #CoolDualBukBer @coolpadindonesia @arenalte

A post shared by Kang Arul (@kangarul) on


Dibekali dengan RAM 3Giga dan baterai berkapasitas 4000mAh, sepertinya perangkat ini cukup  mumpuni untuk kegiatan fotografi luar ruang yang jauh dari colokan. Yup, dengan kapasitas baterai lumayan besar di kelasnya itu bisa memberikan waktu standby-nya  sampai 300 jam, bermain games sampai 24 jam, menonton film hingga 40 jam, dan mendengarkan musik selama 120 jam.

Balik ke soal model yang cantik jelita, eh, kameranya. Di bagian depan tertanam kamera buat selfie  dengan resolusi 8MP berarsitektur PureCel pixel f/2.2. Bukaan kamera ini mampu mereproduksi foto selfie yang terang dan mendetil apalagi kalau di tambah aplikasi kamera bawaannya salah satunya adalah fitur pemrosesan foto selfie tiga dimensi, sehingga foto selfie Anda terlihat lebih alami. 

Buat saya yang suka motret, rasanya sering saya memaksa perangkat untuk mengambil secara terus-menerus. Saat menjajal dua kameranya, saya mengambil lebih dari 5-20 foto untuk setiap posisi atau angle dari sang model. Kebetulan mbak-mbak modelnya berbaik hati mau diarahkan. Mulai dari bangku sampai di antara dedaunan tumbuhan merambat di dinding mengarah ke… toilet.  😈

Sepertinya menangkap kecantikan di langit Jakarta benar-benar menantang. Kekebasan “menyiksa” Cool Dual memberikan kebebasan saya menghasilkan foto-foto layaknya photografer majalah fesyen atau model. Bhuahahha….

Hasilnya? Warna natural dan pancaran cahaya alami yang saya manfaatkan menjelang senja di langit Jakarta tersebut bisa tertangkap perangkat yang pabrikannya dari Sidoarjo, Jawa Timur ini. Langit yang menjelang senja memberikan nilai lebih dari tantangan untuk memanfaatkan cahaya alaminya.

Tak puas dengan itu, saya push pengambilan bokeh dan makronya. Untuk dua lensa yang disematkan di Cool Dual, rasanya keduanya bisa dianggap senjata yang sangat mumpuni. Apalagi dua lensa di Cool Dual mampu meningkatkan kejelasan pada gambar sebesar 20%, membantu mengurangi noise pada gambar sebesar 8% dan meningkatkan kecerahan sebesar 20%.

Dan… rasanya betul kata beberapa sumber online yang pernah saya baca. Di saat ini dengan kemajuan perangkat teknologi telepon genggam, keberadaan kamera yang canggih bisa menghasilkan foto yang luar biasa pula dan tentu menjadikan kita layaknya fotografer profesional.

Apalagi saya yang sudah memiliki beragam kamera di rumah. DSLR sampai Mirrorless sudah menjadi teman perjalanan saya selama ini. Plus lagi saya punya sekitar dua telepon genggam yang memang saat membeli saya pertimbangkan unsur baterai dan kesempurnaan perangkat kameranya.

“Ah, andai saya punya rezeki untuk dapat memiliki Cool Dual ini,” begitu batin saya saat azan magrib berkumandang dan semburat sisa sinar matahari terlihat di sudut barat di antara gedung-gedung kota Jakarta. Di langit Jakarta saya mendapatkan suasana berbuka bersama teman-teman dari komunitas itu.

Dan…. taraaaaa…. mungkin ini berkah sekaligus rezeki ramadhan ini kali ya. Dua kategori pemotretan yang memang di awal acara akan dilombakan, ternyata saya salah satu pemenangnya. Tentu kategorinya ya motret model itu.

Terima kasih, mbak model wajahmu akan kukenang selalu, rasanya terbayar sudah kesana-kemari ambil posisi dalam memotret. Juga, tentu menggunakan perangkat profesional yang hanya seberat 173 gram ini.

Buat yang mau bener-bener belajar fotografi dan maunya belajar dengan perangkat telepon genggam, saya rekomendasikan Cool Dual ini boleh menjadi pilihan. Serius…

Di langit Jakarta sepertinya tergambar bahwa besok saya akan jadi model, eh ups salah, besok saya mau motret model-model cantik di rumah.

(72)

Jurnalis-Penulis-Traveler merupakan tiga rangkaian kata yang bisa menjelaskan siapa saya, selain sesekali menjadi dosen tentunya. Telah menulis 100-an judul buku. Sering memberikan pelatihan terkait PR 3.0, digital media, dan komunikasi di berbagai institusi. Selain di blog ini, ia juga memiliki weblog di www.kangarul.com dan www.dosenkomunikasi.com

12 Comments to Menangkap Kecantikan di Langit Jakarta

  1. Aishhh yg bikin semngt motret pakai coolpad ya mbak modelnya kan *hayoo ngaku wakakakka. Horeee dapat hp baru wkwkw selamat ya. Btw hasil fotonya pun jernih bisa bokeh pula. Itu pabrikannya sidoarjo to deket dong dengan kampung halaman saya Malang hehe

  2. Keren juga spek kameranya ya kang? mekanisme dual kameranya mirip huawei P9 ya? yang 1 ambil rgb 1 ambil mono?
    harga jual berapa itu kang?

  3. Nah kalau yang coolpad ini sudah support 4G atau belum kang?
    Sekarang kalau pilih smartphone pasti memilihnya ke kamera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *