Ingin sukses dan punya usaha di usia muda?

By -

Memang judulnya lumayan provokatif. Siapa coba yang gak ingin sukses dan punya usaha di usia muda? Hampir semua mahasiswa yang saya jumpai dan berdialog mereka rata-rata menjawab ini hidupnya sukses. Punya usaha di usia muda juga menjadi pilihan yang mungkin sebagian orang menganggapnya sebagai mimpi.

Memang, menjadi sukses dan punya usaha di usia muda ibarat impian lah itu mah. Pertanyaannya adalah bagaimana kalau impian itu bisa terwujud.  Nah, Denni Delyandri dan Febryan Dharma merupakan salah satu contoh bagaimana di usia muda sudah piawai dalam mengolah bisnis. Pemasukannya saja ada yang sanpai 20 miliar rupiah lebih…

Serius? Iya…

mereka ini ternyata sudah ikutan Program Wirausaha Muda Mandiri atau disingkat WMM merupakan salah satu kontribusi Bank Mandiri bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Program yang dimulai sejak tahun 2007 ini bergulir untuk diwujudkan secara berkesinambungan dan fokus pada generasi muda yang merupakan generasi penerus bangsa.

Nah, di tahun 2016 ini program WMM dibuka kembali dan batas akhir untuk turut serta hanya sampai 31 Desember 2016 saja loh.

WMM 2016 ini tidak sekadar memberikan hadiah atau kompensasi yang menggiurkan. Di bawah nanti saya kasih bocoran total hadiah yang sampai satu miliar rupiah itu ya.. melainkan juga memberikan pendampinngan kepada para finalis. Selain itu akan ada forum yang  bisa diikuti dan finalis bisa belajar bareng keoada mereka yang sudah sukses menjadi jawara di program sebelumnya.

uat yang kepingin ikutan, ada berbagai bidang wirausaha yang bisa diikuti oleh peserta dalam program ini. Buat yang ingin sukses dan punya usaha di usia muda, pelan-pelan dan satu demi satu akan diuraikan apa aja yang bisa diikutin… catet… (gaya dosennya keluar)

Wirausaha Industri, Perdagangan dan Jasa
Usaha manufaktur, pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, pertambangan, pengembangan properti, perhutanan, industri kain (tekstil), garmen (industri dalam skala massal), percetakan buku, stasiun radio, stasiun TV, media masa (koran dan majalah), produksi obat (dari bahan herbal maupun hewani), industri farmasi, produksi
alat berat, produksi alat transportasi, produksi peralatan elektronik, suatu usaha yang menghasilkan produk serta usaha yang memberikan nilai tambah tanpa memproduksi barang antara lain toko, ritel, keagenan, apotek, distributor dan grosir, Jasa perbaikan kendaraan bermotor (bengkel), jasa perbaikan peralatan rumah tangga, jasa
percetakan, jasa konsultansi, jasa pengemasan, jasa transportasi (darat, laut dan udara), perawatan kesehatan, rumah sakit, salon, SPA, perhotelan, lembaga bimbingan belajar, sekolan keahlian, kursus, sekolah formal (swasta), lembaga pendidikan lain (non seni), perawatan kecantikan, jasa penerbitan dan percetakan (publisher), laundry,
travel biro, jasa persewaan, leasing aset tetap bergerak dan tidak bergerak, biro jasa iklan, biro jasa penyewaan spot iklan, jasa perantara (broker), event organizer, talent management, Konsultan IT Sollution dan program desainer (on demand), jasa penulisan dan usaha jasa lainnya.

Atau bisa juga : 1) Usaha yang sifatnya profesional seperti dokter (pribadi bukan rumah sakit), notaris, pengacara dll tidak dapat diikutsertakan dalam program WMM. 2) Usaha jasa yang melibatkan cita rasa seni tinggi seperti jasa desain, videografi, fotografi, Production house, arsitektur dll merupakan bagian dari bidang usaha Kreatif. 3) Usaha jasa penyediaan layanan terkait telekomunikasi, internet, pemrograman dan layanan lain yang bersinggungan langsung dengan komputer (kecuali sewa hardware dan internet cafee/warnet) merupakan bagian dari bidang usaha teknologi kategori digital atau digital fintech. 4) Industri boga dan pengolahan bahan pangan kecuali obat herbal merupakan bagian dari bidang usaha boga.

Wirausaha Boga
Suatu usaha yang memberikan nilai tambah dengan memproduksi dan atau memperdagangkan produk pangan antara lain pengolahan makanan dan minuman, warung, restoran, pemilik merk franchise makanan atau minuman dan catering, makanan/minuman kemasan, produksi olahan pangan dari hasil pertanian/perikanan/ peternakan/perkebunan. Bisnis boga yang dipasarkan melalui chanel internet, aplikasi online dikategorikan sebagai wirausaha boga sepanjang model bisnis utamanya adalah produksi makanan, bukan pengembangan aplikasi ecommerce.

Wirausaha Kreatif
Production house untuk foto, video, film dan animasi, jasa konsep periklanan (bukan persewaan space iklan), jasa arsitektur, pasar barang seni dan barang antik, kerajinan tangan, craft, jasa kurasi barang seni dan dekorasi, jasa desain yang melibatkan cita rasa seni, konsultan sosial media, lembaga pendidikan seni, fesyen, video, produksi kain batik, tenun, songket (bukan garmen), produksi pakaian (bukan garmen), musik, seni pertunjukan, mainan edukasi (bukan game online), mainan / hobi (produsen, bukan distributor) barang antik, pengrajin barang seni dengan chanel penjualan melalui aplikasi online dan/atau internet dan bengkel custom variasi. Usaha aplikasi online untuk penyedia jasa desain masuk dalam bidang usaha teknologi kategori teknologi

Wirausaha Teknologi
Wirausaha yang menciptakan produk dan layanan berbasis teknologi yang memanfaatkan teknologi komputer dan jaringan internet, permainan game online, portal, aplikasi online, maupun teknologi terapan dengan basis keilmuan lain yang memiliki dampak bagi masyarakat secara luas. Konsultan IT Sollution dan program desainer (on demand) tidak dikategorikan sebagai wirausaha teknologi dan masuk ke dalam bidang usaha industri, perdagangan dan jasa.

Wirausaha Sosial
Wirausaha berbasis pada praktik social enterprise dan pemberdayaan masyarakat untuk mengatasi masalah sosial yang timbul di masyarakat. Lini usaha yang dapat diikutsertakan dalam kompetisi WMM 2016 meliputi usaha-usaha yang bergerak di bidang pertanian, kelautan, kreatif dan pariwisata.

erapa hadiah, atau lebih tepatnya apresiasi dan modal kali ya, yang disediakan untuk pemenang program WMM 2016 ini? Nah, kalau masih penasaran coba cek di bawah ini ya…

Aih… ngalahin honor dosen setahun tuh, lumayan loh buat ngembangin usaha atau merintis bisnis yang menjadi impian sejak lama. Dan satu lagi nih ya… pemenang itu bukan buat 5 orang terbaik aja, tetapi untuk 5 orang terbaik di masing-masing kategori. Tentu peluangnya guede banget lah…. c’mon! Jangan sia-siakan buat kamu yang ingin sukses dan punya usaha di usia muda.

Soal usia… jangan khawatir, di WMM 2016 ini ada dua kategori usia. Mulai dari Kategori Mahasiswa Bidang usaha Sosial program S1 dan diploma batas usianya maksimal 28 tahun per April 2017.  Kategori Alumni dan mahasiswa Pasca Sarjana berusia maksimal 35 tahun per April 2017.

Mulai penasaran? Ayo ah buruan klik aja ke sini. Di situs ini program WMM 2016 yang digulirkan oleh Bank Mandiri ini memberikan petunjuk yang detail banget.

(3704)

Jurnalis-Penulis-Traveler merupakan tiga rangkaian kata yang bisa menjelaskan siapa saya, selain sesekali menjadi dosen tentunya. Telah menulis 100-an judul buku. Sering memberikan pelatihan terkait PR 3.0, digital media, dan komunikasi di berbagai institusi. Selain di blog ini, ia juga memiliki weblog di www.kangarul.com dan www.dosenkomunikasi.com

10 Comments to Ingin sukses dan punya usaha di usia muda?

  1. Apapun usahanya jika dilakukan dengan sungguh2 pasti akan baik hasilnya. Apalagi jika didukung ilmu dan ketrampilan yang memadai.

    Kompetisi WMM sangat bagus untuk diikuti oleh wirausaha muda yang ingin maju dan mandiri.

    Salam hanfat dari Jombang

  2. Apapun usahanya jika dilakukan dengan sungguh2 pasti akan baik hasilnya. Apalagi jika didukung ilmu dan ketrampilan yang memadai.

    Kompetisi WMM sangat bagus untuk diikuti oleh wirausaha muda yang ingin maju dan mandiri.

    Salam hangat dari Jombang

  3. Sangat disayangkan kalau kesempatan emas ini tidak dimanfaatkan. Saya yang sudah uzur saja masih punya minat, masak yang muda harus kalah?

  4. salah satu teman finalis nokia fellowship (pencarian start up baru) sekarang menjadi finalis WMM. ahhhhh…. usiaku dah nggak masuk, maklum blm 28 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *