Tips

Hari ke-7 Menjadi Penulis Novel dalam 60 Hari

m-jadi_penulis_top_bgtSetelah kamu tahu manfaat mengelompokkan ide cerita kamu itu dan mengumpulkan jenis bacaan yang sesuai, sekarang kamu melakukan langkah kedua di hari sebelumnya, yaitu membaca referensi novel kamu, tapi kali ini jauh lebih detil ya!

Ambil salah satu dari referensi novel tersebut. Kamu baca, pelajari dan amati dengan seksama bagaimana seorang penulis novel merealisasikan dan mengemas idenya di novel tersebut. Setiap bab, setiap halaman, setiap paragraf, setiap kalimat, dan sampai setiap kata.

Ya, seharian ini yang kamu kerjakan adalah meneliti referensi novel sesuai dengan ide cerita kamu. Kalau perlu kamu beri catatan khusus, beberapa kalimat atau pada bab-bab tertentu kamu tandai. Siapa tahu ketika mau menulis novel nanti kamu perlu contoh. Salah satunya adalah bagaimana seroang penulis novel membangun ketegangan cerita.

Kang Arul
the authorKang Arul
Dosen, jurnalis, dan penulis. Saat ini selain menjalani profesi sebagai dosen di berbagai perguruan tinggi, ia juga merupakan konsultan untuk konten digital di berbagai perusahaan, lembaga/kementerian, maupun perorangan. Profil lengkapnya sila klik http://www.kangarul.id

1 Comment

Leave a Reply

error: Content is protected !!