Hari ke-48 Menjadi Penulis Novel dalam 60 Hari

By -

Buatlah pembaca novelmu merasakan sendiri suasana cerita yang kamu bangun. Jangan ceritakan, tapi tunjukkan. Tuntun pembaca untuk merasakan bagaimana karakter tokoh-tokoh ceritamu yang sebenarnya, menulislah secara detail tentang lokasi yang digunakan, pakailah bahasa sederhana yang sehar-hari digunakan banyak orang, ajak pembaca untuk berimajinasi … dan selama ini kamu sudah melakukan hal itu semua.

Persoalannya adalah walaupun kamu sudah berusaha semampu dan sebisanya menggarap novel pertamamu ini, tapi biarkan imajinasi pembaca bergerak sendiri untuk menemukannya. Bila pembaca bisa tertawa, menangis, marah, dan bahkan seolah-oleh mereka terlibat dalam ceritamu, itu berarti kamu sudah berhasil menyampaikan ide cerita melalui tulisanmu.

Bagaimana caranya? Kamu cukup melakukan hal tersebut dengan melihat ekspresi dari mereka yang kamu pilih sebagai pembaca draft novel kamu. Sebaiknya jangan kamu yang pertama kali mengajukan pertanyaan, tapi biarlah pembaca draft novelmu sendiri yang memberikan pernyataan terhadap novelmu.

(14)

Jurnalis-Penulis-Traveler merupakan tiga rangkaian kata yang bisa menjelaskan siapa saya, selain sesekali menjadi dosen tentunya. Telah menulis 100-an judul buku. Sering memberikan pelatihan terkait PR 3.0, digital media, dan komunikasi di berbagai institusi. Selain di blog ini, ia juga memiliki weblog di www.kangarul.com dan www.dosenkomunikasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *