m-jadi_penulis_top_bgtSekarang kamu sudah melewati tiga pekan. Wah, nggak terasa ya. Nah, selama tiga pekan tersebut setidaknya kamu sudah memiliki tujuh hal, yaitu;

  1. Komitmen menulis novel
  2. Jadwal menulis novel
  3. Referensi
  4. Satu gagasan atau ide cerita
  5. Tokoh
  6. Setting (latar) cerita
  7. Kerangka cerita (outline)

Sebelum kamu benar-benar akan terjun menggarap novel pertamamu, ada baiknya kamu perhatikan sekali lagi dengan lebih seksama ketujuh point tersebut. Pastikan bila tidak ada satu pun yang kamu lewati dan terabaikan. Sebab, ketujuh point ini adalah modal dasar setiap penulis, entah itu penulis pemula atau penulis novel ternama, untuk mulai menggarap novel.

Anggap saja kamu sedang berada di dapur dan ingin memasak sesuatu. Semua yang kamu inginkan sudah ada; mulai dari bumbu dapur, peralatan dapur, alat-alat memasak, bahan mentah masakan, dan keperluan lainnya. Nah, begitu juga dengan menulis novel. Kalau kamu sudah punya tujuh point di atas berarti kamu sudah memiliki semua yang kamu perlukan untuk ‘memasak’ novelmu itu.

Tujuh hal penting dalam menulis novel, yaitu komitmen, jadwal menulis, referensi, ide cerita, tokoh, setting, dan kerangka cerita.

(8)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *