Hari ke-21 Menjadi Penulis Novel dalam 60 Hari

By -

m-jadi_penulis_top_bgtSaat kamu sedang berusaha menyusun satu kerangka cerita yang utuh, mungkin akan muncul alternatif-alternatif cerita, seperti pemecahan masalah atau apa yang dilakukan sang tokoh itu selanjutnya. Buatlah kerangka cerita lain yang menggunakan alternatif ceritamu itu. Karena kadang seorang penulis novel pun membuat beberapa kerangka cerita, dan mereka akan memutuskan di tengah jalan saat menulis di depan komputer bagian-bagian mana yang akan ia pakai untuk cerita novelnya.

Tapi, kalau kamu cukup untuk menggunakan satu kerangka cerita saja tidak apa-apa. Pastikan kalau kerangka cerita itu sebagai acuanmu dalam menulis novel pertamamu. Sehingga kamu tahu apa yang mesti kau tulis, tahu tokoh-tokoh apa saja yang terlibat di dalam peristiwa itu, konflik yang terjadi berlangsung di mana, pada bagian puncak konflik (klimas) itu terjadi dan bagian mana penyelesaian konflik (antiklimaks) itu, bagaimana akhir cerita novelmu apakah selesai atau menggantung.

Outline atau kerangka cerita merupakan panduan menulis yang sangat membantu penulis untuk menyelesaikan novelnya

(16)

Jurnalis-Penulis-Traveler merupakan tiga rangkaian kata yang bisa menjelaskan siapa saya, selain sesekali menjadi dosen tentunya. Telah menulis 100-an judul buku. Sering memberikan pelatihan terkait PR 3.0, digital media, dan komunikasi di berbagai institusi. Selain di blog ini, ia juga memiliki weblog di www.kangarul.com dan www.dosenkomunikasi.com

1 Comment to Hari ke-21 Menjadi Penulis Novel dalam 60 Hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *