Tips

Hari ke-14 Menjadi Penulis Novel dalam 60 Hari

m-jadi_penulis_top_bgtWalaupun kamu sedang menulis novel dengan melibatkan banyak tokoh cerita, tetapi tentukan satu tokoh cerita yang akan menjadi pelaku utama dalam ceritamu. Sesuai dengan labelnya ‘pelaku utama’ maka tokohmu ini adalah tokoh sentral di mana ia terlibat dalam semua masalah, ketegangan, konflik, pertarungan, misteri, dan segala hal di novelmu. Tidak hanya itu, si pelaku utama ini akan membawa jalan cerita sejak dari awal hingga bab terakhir novelmu.

Kebanyakan para penulis novel pemula terjebak karena persoalan tokoh yang banyak ini. Mereka tidak bisa membedakan mana tokoh yang berperan sebagai pelaku utama dan mana yang hanya pelaku pendamping. Sehingga semua tokoh mendapatkan porsi yang sama besarnya dan merebut perhatian pembaca. Jika ini terjadi, konsentrasi pembaca akan pecah dan jelas saja akan mengurangi penilaian mereka terhadap novelmu.

“Ingatlah! Pelaku utama merupakan tokoh sentral yang menjadi titik perhatian dari cerita novelmu.”

Kang Arul
the authorKang Arul
Dosen, jurnalis, dan penulis. Saat ini selain menjalani profesi sebagai dosen di berbagai perguruan tinggi, ia juga merupakan konsultan untuk konten digital di berbagai perusahaan, lembaga/kementerian, maupun perorangan. Profil lengkapnya sila klik http://www.kangarul.id

1 Comment

Leave a Reply

error: Content is protected !!