Kuliner

Bingke Kue Khas Pontianak

Kalau datang ke Kota Khatulistiwa atau Pontianak, jangan sampai tidak mencoba makanan yang satu ini.

K ue atau saya lebih senang menyebutnya sebagai cemilan ini berbahan sederhana. Bingke terbuat dari bahan utana tepung beras, telur, gula, susu, santan, dan garam ditambah perasa lainnya. Perasa ini sesuai selera yang mencicipi. Setelah semua bahan dicampur, kemudian dituang ke cetakan berbentuk bunga segi enam dan dipanggang dalam oven.

Awalnya bingke hanya berasa manis yang berasal dari gula dan susu  dengan varian biasa, spesial maupun istimewa. Lama-kelamaan rasa bingke mulai bervariasi seiring dengan inovasi para penjual kue ini. Peminat Bingke saat ini bisa menikmati rasa keju susu, cokelat, ubi rambat, pisang, kacang hijau dan sebagainya.

Sebagai makanan berasa manis, Bingke sangat cocok untuk dimakan baik ketika panas maupun dingin. Bingke biasanya hanya bertahan dua tiga hari dalam kulkas.

“Biasanya saya menikmati Bingke ketika buka puasa. Rasa manisnya cocok di lidah,” kata Dayat (29) salah seorang warga Pontianak.

T idak susah untuk mencari kue ini apalagi jika ingin membawanya sebagai oleh-oleh. Bingke sudah dikemas dalam kotak kertas dan bisa dikardus apabila membeli dalam jumlah banyak. Al-Fajar dan Khatulistiwa merupakan dua nama merek kue bingke yang banyak dicari.

Saya berkesempatan menjajal kue bingke sore (23/5/2016) ini.

Ketika saya mencobanya, rasa manis bingke memang terasa. Ditambah dengan teh hangat tanpa gula dan suasana sore hari yang berwarna merah saga, rasanya menikmati cemilan bingke bisa menjadi pilihan jika berkunjung ke Pontianak. O ya, kalau bisa menikmatinya sambil duduk di tepian Sungai Kapuas.

Kang Arul
the authorKang Arul
Dosen, jurnalis, dan penulis. Saat ini selain menjalani profesi sebagai dosen di berbagai perguruan tinggi, ia juga merupakan konsultan untuk konten digital di berbagai perusahaan, lembaga/kementerian, maupun perorangan. Profil lengkapnya sila klik http://www.kangarul.id

4 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!