Catatan

Bahagianya Bekerja dengan Brother Refill Tank Printer A3

Urusan printer buat pekerja kreatif menjadi pertimbangan yang harus tepat. Bukan soal harga murah saja, melainkan kualitas cetak dan konektivitas hingga ukuran kertas menjadi bagian dari poin penting yang harus dipikirkan

Mengapa saya memilih bekerja dengan Brother Refill Tank? Sebagai jurnalis, dosen, dan juga penulis buku tentunya kebutuhan mesin cetak atau printer menjadi kebutuhan yang tidak bisa diabaikan. Kebutuhan cetak dengan kualitas tinta yang gak boros dan kinerja mesin cetak yang mumpuni plus harga yang masuk akal rasanya menjadi pertimbangan penting buat saya.

Ini 5 (lima) solusi buat mesin cetak yang patut dipertimbangkan…

Nah, selama ini memang saya bekerja yang selalu dekat dengan pencetakan (printed). Sebagai penulis, mulai dari mesin cetak dengan jarum yang suaranya legend banget, toner, sampai pada isi ulang sudah pernah dicoba.

Dari berbagai pengalaman itu, maka pilihan untuk menggunakan Brother Refill Tank dengan harga Printer Murah maupun Refill Printer yang bisa isi ulang dengan harga yang juga murah kayanya bisa jadi pilihan.

Makanya ketika kembali masuk kantor yang kerjanya gak jauh dari dunia publikasi, pilihan printer harus kembali ke dua hal tadi.

DCP-J100 kemudian menjadi pilihan utama untuk solusi cetak dari naskah atau kebutuhan saya sebagai pekerja kreatif selama satu tahun ini.

Ketika ada produk Brother Refill Tank teranyar besutan Brother melalui printer isi ulang dan bisa Printer A3 dengan HLT4000DW dan MFC-T4500DW, rasanya pilihan kemabli mantap jiawa untuk selalu memakai produk dari Brother ini.

Di sela hobi sebagai penulis, saya juga memiliki profesi sebagai dosen di berbagai perguruan tinggi dan juga pelatih untuk Digital Public Relations di berbagai lembaga dan perusahaan.  Jelas banget sehari-hari saya pasti gak jauh kerja dari urusan cetak-mencetak.

Kabarnya,  dua produk Brother Refill Tank terbaru dari Brother ini memberikan solusi untuk mendukung aktivitas orang-orang kreatif seperti saya ini. Jelas dong saya perlu kinerja printer yang bisa mendukung kerja lebih banyak dalam waktu singkat dan cepat dalam proses kerja. Kalau ada yang 35 lembar per menit atau mencetak gambar 22 per menit

Apalagi ada opsi mencetak Brother Refill Tank sampai ukuran A3. Bagi saya ini adalah tawaran menarik yang selama ini selalu berakhir di jasa-jasa pencetakan. Yup, kalau mau nyetak ukuran besar yang kadang butuhnya hanya satu dua saja saya harus jalan dulu keluar, mencari jasa pencetakan digital, mengantri urutan yang sesuai, membayar dengan biaya yang lumayan, dan tentu saja ini akan membuang banyak waktu banget.

Makanya kalau salah-salah pilih, bisa berantakan kerja dan rencana aktivitas yang sudah disusun rapi. Yang lebih ‘bahaya’ lagi adalah kantong yang terkuras habis hanya untuk cetak saja.

Saya jadi inget waktu menyelesaikan tugas akhir mengerjakan disertasi saat S3 dulu di UGM. Setiap bimbingan saya mau gak mau harus mencetak draft disertasi yang ratusan halaman itu.

Pengalaman sih kalau sudah mencetak 1 rim atau 500 lembar biasanya printer harus disi ulang.

Nah, beda  dengan HLT4000DW dan MFC-T4500DW yang bisa menghasilkan 6500 halaman hitam-putih. Bayangin bisa sekitar 13 rim loh hasilnya.

Sementara yang berwarna sekitar 5000 halaman atau sekitar10 rim. Gak kebayang deh bagaimana senangnya berlembar-lembar hasil kerja penuh dengan warna tanpa mengganggu stabilitas kantong.

Tes yang menggunakan metodologi asli Brother dengan Pola Tes ISO/IEC24712 ini menunjukkan bahwa urusan cetak yang jumlah lembar banyak itu tidak segaris lurus dengan jumlah uang yang harus dikeluarkan. Alias lebih hemat.

Keliatan banget ya saya promosiin Brother Refill Tank ini? Eh, tapi beneran loh buat saya perangkat yang memang bagus perlu dipromosiin di blog pribadi. Agar (1) ada pertimbangan  buat mereka yang baru mau membeli atau mengganti printer mereka dan (2) jangan sampai “nasi sudah menjadi bubur”, salah memilih jadinya menyesal di kemudian hari.

Nah buat yang mau pilah-pilih, ini ada dua tipe mesin cetak dari Brother. Tinggal geser kiri-kanan ya gambarnya…

Tentu saja tidak sekadar biaya cetak dan jumlahnya yang banyak saja, Printer tersebut juga bisa digunakan dengan jaringan kabel maupun nirkabel. Juga, mencetak dari sumber mana saja dengan keleluasaan mobile prints and scans melalui Brother Cloud Apps maupun Brother WebConnect.

Bahasa sederhanya adalah saat kita berada di mana saja, saat Printer Brother terkoneksi di rumah atau kantor, dengan aplikasi dan perangkat telepon genggam pun kita bisa mencetak langsung.

Bayangin kalau seandainya saat saya memberikan sesi matakuliah di kelas dan ada beberapa bahan tambahan atau koreksian, maka bisa langsung tercetak saat saya jalan pulang. Di rumah, saya bisa menikmati hasil cetaknya sambil menyerumput teh hangat.

Bagi saya, sekali lagi, kalau ingin memilih printer dengan kualitas terbaik, dan apalagi pilihannya adalah Printer Isi Ulang, maka dua jenis printer yang saya bahas di atas bisa menjadi pilihan.

Saya aja yang bekerja dengan printer Brother Refill Tank tipe lama saja ingin beralih ke yang baru kok…

Ok. Ini anggaplah printer impian saya. Meski sudah memakai Brother di kantor, tapi kalau seandainya ada Printer isi ulang yang bisa mencetak sampai  A3 yang terbaru, entah dengan tipe dengan HLT4000DW atau MFC-T4500DW rasanya sangat rekomen taruh di rumah. Di letakkan persis di samping laptop saya bisa bisa mencetak berbagai naskah buku. Juga, biar anak-anak di rumah juga bebas mencetak model-model gambar untuk diwarnai.

Tentu dong kalau keinginan saya terwujud bahagianya tak terkira…

Kang Arul
the authorKang Arul
Dosen, jurnalis, dan penulis. Saat ini selain menjalani profesi sebagai dosen di berbagai perguruan tinggi, ia juga merupakan konsultan untuk konten digital di berbagai perusahaan, lembaga/kementerian, maupun perorangan. Profil lengkapnya sila klik http://www.kangarul.id

5 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!